Sabtu, 27 April 2024

Diskominfo Kabupaten Magelang Pelajari Pengelolaan Media dan Jurnalisme Warga di Suara Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rudy Hartono HRD Suara Surabaya bersama Diskominfo Kabupaten Magelang, Selasa (19/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net Rudy Hartono HRD Suara Surabaya bersama Diskominfo Kabupaten Magelang, Selasa (19/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang melakukan kunjungan media ke Suara Surabaya Media, Selasa (19/12/2023).

Dharmawijaya program director Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gemilang Diskominfo Kabupaten Magelang mengatakan, tujuan kunjungan ini bersama jajarnnya untuk mempelajari citizen journalism dan teknis pengelolaannya di Radio Suara Surabaya.

“Dua tujuan kami disini adalah satu citizen journalism kemudian yang kedua adalah terkait dengan aplikasi atau teknis pengelolaannya seperti apa,” ungkapnya kepada suarasurabaya.net.

Dia mengaku terkesan dengan bagaimana pengelolaan radio di Suara Surabaya mampu berkonvergensi dengan baik serta pendekatan dan komunikasi interaktif yang terjalin antar penyiar dan pendengar.

“Saya sempat speechless, ternyata untuk telpon per hari itu rata-rata minimal 300 penelpon belum yang WA (whatsApp), ini luar biasa. Saya belum tahu kalau di daerah lain, tapi menurut saya ini (Suara Surabaya) satu-satunya di Indonesia yang memang sukses untuk mengelola citizen journalism dengan baik,” bebernya.

Selama melakukan kunjungan, Dharma mengaku mendapat banyak solusi dan pengetahuan baru dalam teknis pengelolaan media. Menurutnya pengembangan seperti ini sangat diperlukan bagi instansi pemerintah, terutama dalam jurnalisme warga.

“Kami memandang bahwa pengelolaan citizen journalism ini penting. Jadi bagaimana caranya radio yang kita kelola yaitu LPPL Radio Gemilang ini bukan hanya memberikan informasi satu arah tetapi dua arah jadi kita bisa mendengarkan informasi dari masyarakat langsung kemudian nanti kita informasikan ke masyarakat langsung,” bebernya.

Ke depannya, Dharma berharap pihaknya dapat terus bekerja sama dan menjalin hubungan baik dengan Suara Surabaya. Dia juga berharap jika memungkinkan Suara Surabaya membuka cabangnya di kota-kota lain. (feb/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs