Jumat, 26 April 2024

Malam 27, 10 Ribu Umat Islam Bersujud di Masjid Ampel

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Salah seorang jamaah perempuan sedang melakukan sholat iktikaf di Masjid Ampel Surabaya pada malam ke 27 bulan ramadhan tahun ini, Selasa (14/7/2015) dinihari. Foto: Dodi suarasurabaya.net

Sekitar 10.000 umat Islam dari Kota Surabaya maupun luar Surabaya bersujud di Masjid Ampel untuk melakukan ibadah sholat, iktikaf tepat di malam ke 27 bulan ramadhan tahun ini.

Nasir salah seorang abdi Sunan Ampel mengatakan bahwa pada malam-malam ganjil bulan ramadhan masjid Ampel memang selalu dipenuhi masyarakat.

“Ya mulai malam 21, 23, 25, dan sekarang malam ke 27 disini selalu ramai. Mereka kebanyakan sholat itikaf disini. Selain itu banyak juga yang berziarah ke makam Sunan Ampel. Malam genap ya ramai, tapi tidak seramai di malam ganjil seperti ini,” katanya kepada suarasurabaya.net, Selasa (14/7/2015) dinihari.

Menurutnya, di malam ke 27 ini, masyarakat sudah mulai berdatangan di Masjid Ampel setelah selesainya ibadah sholat teraweh.

“Mereka sudah banyak yang datang sejak jam 8 tadi malam. Tapi ramai-ramainya sekitar jam 12 lalu hingga nanti setelah sholat subuh. Mereka juga banyak yang sahur disini soalnya,” ujar dia.

Nasir menjelaskan kemungkinan ramainya masjid Ampel pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan akan berakhir di malam ke 27 ini.

“Mungkin malam 29 nanti sepi. Soalnya kemungkinan besar masyarakat sudah banyak yang mudik ke kampung halaman masing-masing,” kata dia.

Pantauan suarasurabaya.net, area parkir di depan makam sunan Ampel sempat penuh. Sehingga banyak masyarakat yang harus mencari lahan parkir lainnya di luar area masjid Ampel. (dop/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs