Sabtu, 11 Mei 2024

Bahan Makanan Indonesia Ini Punya Manfaat Mirip Kurma

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kurma. Foto: Antara

Kurma selalu menjadi menu yang dianjurkan berbuka puasa karena manfaatnya bagi tubuh. Ternyata, di Indonesia ada bahan makanan yang memiliki manfaat seperti kurma.

Hellianti Hilman CEO dan Founder Javara Indonesia perusahaan produk pangan organik mengatakan, setelah berpuasa memang disarankan memakan atau minum yang manis-manis, dan dianjurkan memakan kurma.

“Tapi Nabi tidak menyarankan gula tebu. Nabi menyarankan Kurma, karena makanan ini tidak menaikan gula darah secara serentak. Melonjaknya gula darah akan menyebabkan lemas dan mengantuk usai berbuka,” katanya dalam Ramadhan Gathering Wardah, di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Hellianti mengatakan, ada bahan makanan Indonesia yang manfaatnya mirip seperti kurma. Beberapa diantaranya berada dekat dengan kita dan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti buah kurma untuk berbuka puasa.

“Indonesia punya keluarga yang mirip kurma yaitu kelapa aren, kelapa lontar, nipah,” katanya. Dia menjelaskan, sifat kurma mengeluarkan energi secara perlahan, demikian halnya gula jawa, gula aren atau gula lontar.

“Ini juga kenapa nenek-nenek kita sering kali mengunyah gula jawa saat dalam perjalanan, karena dapat menyegarkan badan,” ujar dia.

Penganan lain khas Ramadhan adalah Cincau. Menurut Hellianti, cincau baik untuk tubuh karena memiliki kandungan klorofil yang luar biasa.

Hellianti menyarankan tidak berbuka puasa dengan nasi putih, karena kandungan gula dalam nasi putih tinggi. Dia menyarankan, mengganti nasi putih dengan nasi merah ataupun soun sebagai alternatif karbohidrat. (den/rs)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
29o
Kurs