Rabu, 29 Mei 2024

H-1 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Masih Dipadati Pemudik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (24/6/2017), dipadati calon penumpang kereta yang akan mudik jelang Idul Fitri 1438 Hijriah. Foto: Farid suarasurabaya.net

Masyarakat yang berencana mudik untuk merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah atau tahun 2017, hari ini masih berupaya pulang ke kampung halamannya.

Dari pantauan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sampai sore hari ini masih ada ribuan pemudik yang menunggu keberangkatan kereta ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mereka rela duduk bahkan tidur-tiduran di pelataran stasiun beralaskan koran, atau bersandar dengan tas yang dibawanya, demi menunggu jadwal keberangkatan kereta.

Sementara itu, penumpang yang sudah siap berangkat, dengan tertib mengantre masuk ke dalam stasiun yang dijaga ketat aparat Kepolisian dan Polisi Khusus Kereta Api.

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia, tahun ini ada kenaikan jumlah penumpang selama masa mudik, dibanding tahun lalu.

Menurut Suprapto Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 1, dari H-10 sampai H-2 sudah terangkut sekitar 341 ribu penumpang. Sedangkan tahun lalu sekitar 295 ribu penumpang.

Berdasarkan stasiun keberangkatan, kata Suprapto, ada peningkatan jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 123 ribu penumpang atau 23 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, tercatat sekitar 205 ribu pemudik atau naik 11 persen dibanding masa lebaran tahun 2016. (rid/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs