Jumat, 26 April 2024

Tarawih Hari Pertama di Masjid Al-Akbar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Shalat Tarawih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (26/5/2017). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Shalat Tarawih di hari pertama digelar di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (26/5/2017). Di shaf laki-laki, jamaah hampir memenuhi barisan begitu juga jamaah perempuan yang berada di shaf belakang.

Shalat Tarawih ini dilakukan menyusul keputusan Sidang Isbat yang dipimpin langsung Menteri Agama di Jakarta yang memutuskan 1 Ramadhan 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017.

Sebelum Tarawih dimulai, pengurus Masjid Nasional Al-Akbar menyampaikan jika selama Ramadhan di lingkungan masjid terbuka untuk masyarakat. Selain itu untuk bazar kuliner ditempatkan di lapangan samping Kantor PWNU Jatim agar menjaga kondusifitas ibadah.

Selain itu juga ada imbauan dari Majelis Ulama Indonesia yang dibacakan pengurus Masjid, diantaranya terkait Tadarus (membaca Al Quran) yang menggunakan pengeras suara maksimal hanya boleh sampai pukul 22.00 WIB. Sesudah itu bisa dilakukan tanpa pengeras suara.

MUI juga mengimbau agar perbedaan pendapat dibingkai dengan dialog yang menyejukkan dan tetap pada bingkai NKRI. Umat muslim diharapkan menjadi contoh dan teladan di bulan Ramadhan ini.

Dengan demikian, maka mulai besok, Sabtu, 27 Mei 2017, umat muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di hari pertama, 1 Ramadhan 1438 Hijriah. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs