Sabtu, 20 April 2024

Banyuwangi Rawan Gempa Tektonik dan Vulkanik

Laporan oleh Lailia Priyantiningtiyas
Bagikan

Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa dan berdekatan langsung dengan Kabupaten Situbondo yang Senin (10/09) kemarin dilanda bencana gempa bumi.

Dilaporkan ANGGI reporter Mandala Banyuwangi pada Jaring Radio Suara Surabaya, Selasa (11/09), ternyata Banyuwangi termasuk tempat yang rawan gempa, baik vulkanik maupun tektonik.

Sebab wilayah Banyuwangi merupakan wilayah yang dilewati lempeng Indo-Australia dan Euroasia yang sering terjadi tumbukan antar lempeng. Tumbukan ini menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Pada kejadian gempa bumi tersebut, lempeng bertumbukan dan bergeser 1cm. Hal ini diungkapkan MAWARDI Kepala Bagian Tekhik Stasiun Meteorologi dan Geofisika Banyuwangi.

Sementara itu, BMG Banyuwangi juga meralat kekuatan gempa yang terjadi di Situbondo kemarin. Diberitakan, gempa berkekuatan 4,9 skala Richter, setelah diralat kekuatan gempa sebesar 5,1 skala richter dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang terjadi pukul 01.36 kemarin sebesar 5-6 modified mercoli intencity (MMI), di 41 km barat laut Banyuwangi tersebut menghancurkan beberapa rumah dan sekolah di Kecamatan Jangkar dan Asembagus-Situbondo.(tys/ipg)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs