Minggu, 28 April 2024

84 Hari Pencarian MH370 Salah Lokasi

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Perusahaan penyedia layanan satelit Inggris, Inmarsat mengungkapkan, lokasi pencarian selama 84 hari pesawat Malaysia Airlines MH370 bukanlah lokasi yang benar menyusul penemuan adanya isyarat palsu sebelumnya.

Chris Ashton, seorang ilmuwan dari perusahaan tersebut, mengungkapkan dalam acara Horizon yang disiarkan staisun penyiaran BBC, bahwa perusahaan membuat perkiraan lokasi ‘panas’ yang terletak di Samudra Hindia, lokasi pesawat itu diduga hilang.

“Itu tidak bermakna kawasan pencarian adalah lokasi yang tidak pasti, tapi besar kemungkinan ia berada jauh dari kawasan yang diperkirakan,” katanya, yang mengutip dari Antara, Rabu (18/6/2014).

“Kita bisa mengetahui pasti rute yang sepadan dengan perhitungan frekuensi dan waktu di belokan terakhir pesawat dan kemudian perhitungan itu akan memberi kita satu kawasan ‘panas’ yang diduga lokasi terakhir pesawat MH370,” katanya.

Pesawat MAS penerbangan MH370 yang membawa 239 penumpang termasuk awak pesawat hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing di ruang udara Laut China Selatan pada 8 Maret lalu.

Operasi mencari pesawat naas yang melibatkan beberapa negara itu pada mulanya dilancarkan di kawasan Laut China Selatan, namun kemudian berpindah ke Samudra Hindia karena pesawat itu dilaporkan melencong dari rute asalnya.

Sepanjang dua bulan masa pencarian termasuk penggunaan kendaraan dalam air otomatis (AUV) Bluefin 21, tidak ada satupun penemuan positif dan dalam proses pencarian AUV tersebut beberapa kali mengalami gangguan. (ant/ain)

Teks Foto:
– Ilustrasi pesawat MH370 yang hilang
Foto: pendoasion (blogger)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs