Kamis, 28 Maret 2024

Balikpapan Berguru ke Surabaya Soal Sistem Birokrasi

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Untuk memperbaiki sistem birokrasi pemerintahan, Pemkot Balikpapan terus akan belajar dari Surabaya.

Rizal Effendi Walikota Balikpapan mengatakan ini, sesudah menandatangani kerjasama jaringan lintas perkotaan dengan Pemkot Surabaya, Sabtu (31/5/2014).

Menurut Rizal, ada banyak hal yang akan dipelajari Balikpapan dari Surabaya, diantaranya soal e-budgeting. “Kalau soal e-procurement, Balikpapan sudah lama belajar dari Surabaya,” kata Rizal kepada wartawan.

Dia menambahkan, ada banyak keuntungan yang akan didapat, kalau program e-budgeting diterapkan di Balikpapan, diantaranya akan ada penghematan anggaran dalam APBD.

Walikota Balikpapan mengatakan, dengan adanya e-budgeting, maka semua SKPD di Balikpapan tidak bisa lagi merekayasa anggaran, karena akan ketahuan kalau ada beda harga antar SKPD.

“Dengan adanya e-budgeting, maka upaya menciptakan pemerintahan yang bersih pasti akan bisa dicapai semua daerah,” ujar Rizal.

Sementara beberapa program lain yang akan diadopsi Balikpapan dari Surabaya, diantaranya tentang penataan kota, lingkungan dan lalu-lintas di Surabaya. “Semua program yang baik, pasti akan kita adopsi,” tegas Rizal Effendi Walikota Balikpapan. (tas/wak)

Teks Foto :
– Tri Rismaharini Walikota Surabaya memberi sambutan dalam kerjasama jaringan lintas perkotaan dengan 14 daerah, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (31/5/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs