Senin, 17 Juni 2024

Bawaslu Gelar Pawai Damai Mulai Taman Bungkul

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Sri Sugeng Pujiatmiko, Fasilitator Bawaslu Jatim mengatakan Bawaslu bersama KPU dan Panwaslu se-kota Surabaya akan mengadakan Pawa Damai hari ini, Selasa (8/7/2014) mulai pukul 15.00 WIB.

”Hari ini akan ada pawai damai yang diselenggarakan Bawaslu Jatim. Kumpulnya nanti jam 13.30 WIB di Taman Bungkul dan start pawai pukul 15.00 WIB. Pihak kepolisian juga akan mengawal nanti,” katanya pada Radio Suara Surabaya.

Dalam pawai tersebut, pihaknya menyampaikan pada masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada pilpres 9 Juli 2014 besok. Mulai dari memberikan hak pilih hingga turut mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masiing-masing.

“Apabila menemukan pelanggaran segera lapor ke Panwas terdekat atau panwas lapangan di TPS,” paparnya.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menolak dan melaporkan pelanggaran seperti politik uang dan lain sebagainya.

“Intinya pawai ini ingin mengajak masyarakat untuk turut serta mencoblos dan menciptakan suasana aman, tertib dan jujur. Saya juga minta maaf mungkin nanti akan terjadi sedikit mekacetan,” papar Ketua Panwaslu itu.

Pawai sendiri akan diikuti ratusan anggota KPU dan Panwaslu dan dimulai dari Taman bungkul kemudian Ahmad Yani – Bundaran Waru – Ahmad Yani – Diponegoro – Blauran – Tugu Pahlawan – Gemblongan – Basuki Rahmat – finish Taman Bungkul.

Terkait pelanggaran, ia mengaku sudah mengantongi beberapa informasi. Mulai dari pembagian beras di Sidoarjo dan Surabaya, Sosialisasi mencoblos yang tidak etis seperti di Ngawi hingga kampanye terselubung di Madiun.

“Beberapa informasi terkait pelanggaran sudah kami proses. Saat ini masih dilakukan pendalaman, apakah memenuhi unsur pidana. Karena pedoman kami adalah Undang-undang,” terangnya.

Sementara untuk, kasus kampanye terselubung di Madiun yang mencederai enam anggota panwas kabupaten, saat ini masih dalam penyidikan kepolisian setempat. “Kemarin saya membesuk mereka di Rumah sakit dan meminta bantuan kepolisian untuk segera ditindak,” ujar dia. (ain/rst)

Teks Foto:
– Ilustrasi pawai damai bawaslu jelang pilpres 2014
Foto: Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs