Jumat, 3 Mei 2024

Belajar Matematika Dengan Teknik Lipat Kertas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Universitas Surabaya (Ubaya) gelar workshop Mathainment atau Mathematic Entertainment, Sabtu (14/4/2014). Mathainment sendiri merupakan metode yang mampu memberikan kemudahan untuk belajar Matematika dengan medium origami atau seni melipat kertas tradisional ala Jepang.

“Matematika adalah pelajaran yang sebagian siswa sering mengalami kendala ketika mereka mempelajarinya melalui rumus maupun aplikasi. Dan dengan Mathainment kami upayakan mereka lebih mudah mempelajarinya,” ungkap Dr. Hazrul Iswadi, S.Si., M.Si, pemateri workshop.

Kelemahan siswa belajar matematika adalah dalam hal geometri, karena abstraksi ruang menjadi hal yang krusial ketika memahami konsep geometri.

Karenanya untuk melatih motorik, afektif dan koqnitif, diperlukan pelatihan khusus dengan Mathainment yang menggunakan media Origami. Konsep matematika dalam lipatan origami inilah yang menjadi titik tekan dari metode ini.

“Harapannya siswa terlatih menyelesaikan persoalan dan mampu menjawab dengan terstruktur dan sistematis dengan menggunakan origami untuk meyelesaikan geometri,” kata Soleh Hadi Setyawan, S.T.,M.Kom, Ketua Panitia Acara.

Sementara itu, workshop dengan peserta para guru dan siswa SMA ini, diselenggarakan dalam rangka Bulan Berbagi Ilmu Menuju Surabaya Cerdas dan Terampil yang digagas Program Kekhususan Sistem Informasi, Jurusan Teknik Informatika Ubaya.(tok/fik)

Teks foto:
-Polyhedron gabungan seluruh rangkaian Origami untuk teori Matematika.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs