Kamis, 28 Mei 2020

Berikut Prakiraan Cuaca di Lima Area Gunung Kelud

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Kondisi di Kelud pada Kamis (20/2/2014) masih berasap namun sudah tidak ada debu. Sedangkan berdasarkan data dari Setiawan Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda membagi curah hujan di Kelud menjadi lima area.

Curah hujan beberapa hari ini yang dibagi ke dalam lima area yakni:
1. Area Gunung Kelud sampai radius 10 KM cuacanya berawan dan peluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang sampai sore hari.
2. Bagian utara Gunung Kelud seperti Puncu-Kepung-Kandangan cuacanya berawan dan peluang hujan dengan intensitas ringan.
3. Bagian timur Gunung Kelud seperti Batu-Pujon-Malang cuacanya berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hinga sedang pada siang sampai sore hari.
4. Bagian selatan Gunung Kelud seperti Wlingi-Blitar cuacanya berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan pada siang sampai sore hari.
5. Bagian barat Gunung Kelud seperti Kandat-Kediri cuacanya berawan dan berpotensi hujan ringan pada siang sampai sore hari.

Sementara itu untuk cuaca di kawasan Bandara Internasional Juanda, kata Setiawan, untuk penerbangan terpantau masih aman.” Di Juadan ada kabut visibility 1.500 meter tapi masih aman untuk penerbangan,” kata dia.

Kata Setiawan, ini akibat dari hujan pada Rabu (19/2/2014)sampai malam hari sehingga kondisi tanah menjadi basah dan paginya suhu tanah lebih dingin.” Udara yang lewat kena kondensasi di dekat permukaan karena perputaran turbulensi sehingga terjadi pengabutan. Begitu matahari kena panas akan hilang apalagi di pegunungan jarak pandang hanya 5-10 meter,” ujar dia.

Untuk di Kota Surabaya, tambah dia, berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada siang, sore atau malam hari nanti. (dwi)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Kamis, 28 Mei 2020
28o
Kurs