Senin, 27 Mei 2024

Bhayangkari Sulap Lahan Sempit Jadi Perkebunan Sayur

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Sebuah lahan kosong yang berada di area asrama polisi (Aspol) Polsek Rungkut, disulap menjadi perkebunan yang ditanami berbagai macam sayuran. Meski tidak terlalu luas, Bhayangkari cabang Kota Surabaya berhasil menjadikannya sebuah perkebunan dengan berbagai macam jenis sayur.

Sayuran yang tumbuh subur di kebun ini diantaranya cabai, kobis, seledri, tomat, pare dan beberapa sayuran lainnya. Penanaman sayuran di area Aspol tersebut dimaksudkan agar area yang minimalis dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk berkebun, terutama tanaman sayur.

Ogie Setija Junianta Ketua Bhayangkari Cabang Kota Surabaya mengatakan, pihaknya menjadikan area Aspol menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal ini bertujuan untuk menjadikan lahan kosong lebih bermanfaat untuk warga di sekitarnya.

“KRPL ini merupakan program dari Ketua Bhayangkari Daerah, yang mengintruksikan kepada pengurus cabang untuk memanfaatkan lahan yang kosong, untuk ditanami tanaman yang berguna. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat pada umumnya dan anggota Bhayangkari pada khususnya,” kata Ogie kepada wartawan, Minggu (10/8/2014).

Dia menambahkan, setelah melakukan survey, Polsek Rungkut yang memiliki Aspol dimana masih ada lahan kosong yang tepat untuk dijadikan sebuah perkebunan. Sedangkan polsek lainnya tidak memiliki Aspol.

“Selain itu, pengurus ranting Bhayangkari Polsek Rungkut sudah lama memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk berkebun meski tidak selengkap sekarang,” ujarnya.

Pemanfaatannya KRPL sendiri, kata dia, melakukan penanaman dengan menggunakan dua sistem, yaitu holtikultura dan tabulapot. Sistem holtikultura, memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami, sementara untuk Tabulapot, dengan menggunakan bahan-bahan bekas, seperti paralon, bambu, galon, dan pot. Sehingga masing-masing anggota bisa menanam tanaman di halamannya masing-masing.

“Jadi barang-barang bekas ini bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang bisa menunjang pemenuhan gizi,” kata istri Kapolrestabes Surabaya ini.

Selain memberikan manfaat dalam hal pemenuhan gizi, karena terdapat bermacam-macam sayuran di sekitar Aspol, pembuatan KRPL ini juga dalam rangka HKGB ke 62, dan akan diperlombakan di tingkat daerah Jawa Timur. (wak/dwi)

Teks Foto:
– Ogie Setija Junianta Ketua Bhayangkari Cabang Kota Surabaya didampingi suami beserta jajaran saat memanen hasil sayuran di KRPL Polsek Rungkut.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs