Kamis, 28 Maret 2024

Cyber Security Sangat Dibutuhkan di Masa Mendatang

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Henry Subiakto staf ahli Kemenkominfo. Foto: Totok suarasurabaya.net

Henry Subiakto staf ahli Kemenkominfo menegaskan seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, yang ditandai semakin globalnya dan tidak terbatasnya dunia maya, Cyber Security sangat dibutuhkan masyarakat di masa mendatang.

“Karena di dunia maya, masyarakat menjadi sangat global. Tidak lagi ada batas-batas. Melalui Facebook misalnya, masyarakat terhubung satu dan yang lainnya, melampaui batas-batas fisik yang sebelumnya membelenggu. Untuk itu dibutuhkan Cyber Security di masa mendatang,” papar Henry Subiakto.

Cyber Security yang dimaksud Henry adalah jaminan keamanan serta pengamanan bagi segenap masyarakat pengguna berbagai jejaring sosial, agar dapat terhindari dari kejahatan-kejahatan cyber yang terjadi di dunia maya seiring dengan makin berkembangnya dunia maya itu sendiri.

“Amerika menganggap jejaring sosial itu sangat-sangat liberal. Karena tidak ada batasan sama sekali terkait dengan penggunaan fasilitas-fasilitas dalam jejaring sosial dan dunia maya. Lalu apakah kita akan mengikuti itu? Dan beranggapan bahwa dunia maya dan jejaring sosial itu tanpa batas?” tanya Henry.

Untuk menjaga kenyamanan serta keamanan bagi masyarakat yang terus menerus mengikuti perkembangan dan kemajuan dunia maya serta teknologi informasi dan komunikasi, Henry menegaskan agar masyarakat juga memahami Cyber Law. “Penting untuk memahami itu juga agar terhindar dari berbagai kemungkinan kejahatan,” kata Henry.

Bersama dengan Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya Media, Sabtu (6/12/2014) Henry Subiakto staf ahli Kemenkominfo, Yudi Pramadi Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, dan Rachmah Ida dosen komunikasi Universitas Airlangga, menjadi keynote speaker dalam Post Graduate Round Table Presentation 2014 yang digelar Pasca Sarjana Media dan Komunikasi Unair.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs