Sabtu, 4 April 2020

Ditinggal Mudik, Rumah di Kertopaten Terbakar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Sebuah rumah di Jl Kertopaten Srengganan Gg II no 5 Surabaya, ludes terbakar, Minggu (6/4/014) sekitar pukul 09.45 WIB saat ditinggal mudik oleh pemiliknya.

Menurut warga sekitar, asap dan api terlihat di bagian atap rumah. Saat itu, hanya ada Muklis (13) anak pemilik rumah sedang tidur di dalam. Kemudian warga masuk ke dalam rumah untuk membangunkan menyelamatkan Muklis.

“Saya lagi merakit cakar ayam, tiba tiba asap sudah tebal diatas genteng, lalu saya membangunkan Muklis dan warga saya suruh mematikan aliran listrik,” kata Hasan (47) saksi mata.

Dia menambahkan, rumah yang terbakar milik Matneri (50) yang sedang mudik ke Madura. “Di rumah hanya ada anaknya, Matnerinya lagi pulang ke Madura,” ujarnya.

Sebelum api membesar dan merambat ke bangunan sebelahnya, kata dia, warga berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya dan menghubungi PMK. Selang 30 menit, mobil Damkar tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman.

Sementara itu, Candra Oeratmangun Kepala dinas kebakaran kota Surabaya mengatakan, sebanyak delapan unit mobil PMK dikerahkan ke lokasi. Dia juga berterimakasih kepada sekitar, yang telah melakukan tindakan awal pemadaman secara gotong royong sebelum api semakin membesar.

“Kami sangat mengapresiasi kepada warga sekitar, yang telah melakukan pencegahan awal sebelum api membesar sehingga tidak merambat ke bangunan lainnya,” kata Candra.

Penyebab kebakaran, kata dia, melihat kondisi yang terbakar terlebih dulu bagian atap, diperkirakan karena hubungan arus pendek. “Melihat pengalaman yang sudah-sudah, kondisi rumah yang terbakar disebabkan karena hubungaan arus pendek,” ujarnya.

Dia menambahkan, meskipun rumah ludes terbakar, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. (wak/dwi)

Teks Foto:
– Warga bekerjasama dengan PMK untuk melakukan pembasahan.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
30o
Kurs