Minggu, 26 Mei 2024

Gelar Perkara Kasus Pencurian Naskah UN Di Polda, Berlangsung Tertutup

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Gelar perkara terkait kasus pencurian dan penyebaran kunci jawaban naskah ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terjadi Lamongan, dilakukan secara tertutup di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Jatim, Senin (19/5/2014).

AKBP Farman, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, pihaknya datang ke Dit Reskrimum Polda Jatim dan telah melakukan pemaparan di depan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) dan sejumlah penyidik Polda Jatim.

“Kita sudah lakukan paparan kepada direktur dan sejumlah penyidik Polda, kemungkinan dalam waktu dekat ini kami akan siapkan administrasi untuk pelimpahan penanganan perkara Unas yang TKP-nya ada di Lamongan,” kata AKBP Farman kepada wartawan, Senin (19/5/2014) di Mapolda Jatim usai gelar perkara.

Dia menambahkan, dari hasil gelar perkara, pihak Polrestabes Surabaya akan fokus menangani kasus penyebaran kunci jawaban UN yang ditemukan oleh anggota beberapa waktu lalu, yang melibatkan enam tersangka.

Sementara itu, untuk kasus pencurian naskah UN yang terjadi di Lamongan, akan langsung ditangani oleh pihak Polda Jatim.

“Untuk yang joki Gosok dan jaringan lainnya yang terlibat tetap kita tangani di Polrestabes Surabaya, namun untuk pencurian soal unas akan ditangani oleh Polda,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Polrestabes Surabaya menetapkan enam tersangka terkait penyebaran kunci jawaban. Enam tersangka yaitu, Dwi Naba Bagus Danail Bimantara alias Joki Gosok (20), Brian Dwiky alias Ambon (19), empat mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yaitu Ahmad Tri Sutrisno alias Oni (19), Alfian Sudarsono (19), Hidayatullah alias Dayat (20), dan M. Nasrun Abid. Sementara dua oknum guru di Lamongan yang terlibat dalam kasus pencurian naskah UN yaitu Edi Purnomo dan Ibnu Mubarrok. (wak)

Teks Foto:
– Barang bukti yang berhasil diamankan Polrestabes Surabaya terkait kasus bocornya kunci jawaban di Surabaya dan pencurian naskah soal UN di Lamongan.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs