Jumat, 17 Mei 2024
PDC 2014

Gugah Anak Muda Beri Solusi Mass Public Transportation

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu di antara karya di PDC 2014 bertema: Mass Public Transportation. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kepadatan, kemacetan, jumlah kendaraan bermotor yang terus bertambah, sedangkan ruas jalan sangat lambat pertumbuhannya, memberikan dampak bagi aktivitas sosial masyarakat Kota Surabaya. Dibutuhkan juga sarana transportasi murah, massal, ramah lingkungan sekaligus aman.

Untuk itu, Program Studi Teknik Manufaktur Universitas Surabaya (Ubaya) menyelenggarakan Product Design Contest (PDC) tahun 2014 dengan memilih tema: Mass Public Transportation. Kontes diikuti, atau digelar untuk kategori SMA dan perguruan tinggi.

Beberapa prasyarat yang harus dipenuhi peserta dalam karya-karya yang berupa prototype itu, mengutamakan segi fungsi (fungsional), keterbuatan, ergonomi, safety, maintenance, dan manajemen dari produknya. Karya peserta tidak hanya dilihat dari segi estetikanya saja.

Beberapa prototype karya peserta yang mendapat apresiasi panitia diantaranya, perahu karet (hovercraft) di jalur sungai, motor in shuttle train, kereta gantung BNN, kereta panel surya sebagai alternatif penghemat bahan bakar, juga karya berbentuk maglev train.

Sunardi Tjandra, S.T., M.T., Ketua Dewan Juri PDC 2014, kepada suarasurabaya.net, menyampaikan bahwa dari kontes ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri dengan memunculkan desainer muda yang kreatif dan inovatif, sehingga memiliki daya saing yang baik bagi Indonesia.

“Dan yang terpenting adalah, semoga desain-desain dalam bentuk berbagai prototype tersebut dapat direalisasikan di Surabaya sehingga kemacetan paling tidak dapat teratasi. Itu yang terpenting harapan kami pada PDC 2014 kali ini,” tegas Sunardi Tjandra pada suarasurabaya.net, Jumat (12/9/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs