Minggu, 5 Mei 2024

Hari Terakhir UN di Surabaya, Muncul Kendala

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Kendala pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA tahun 2014, berupa tidak adanya opsi atau pilihan E pada lembar jawaban soal ujian Bahasa Inggris, muncul pada Rabu (16/4/2014) hari terakhir di sejumlah sekolah di Surabaya.

Di Surabaya, kendala tersebut terjadi di SMA Tamiriyah, SMA Dr. Soetomo, SMA Stella Maris, SMAN 8 Surabaya serta sejumlah sekolah lainnya. Di SMA Tamiriyah, ada 38 lembar jawaban yang tidak dilengkapi opsi jawaban E.

Sucipto wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMA Tamiriyah Surabaya membenarkan adanya lembar jawaban soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Inggris yang tidak dilengkapi dengan opsi pilihan jawaban E.

“Sekitar 38 lembar jawaban soal ujian nasional mata pelajaran Bahasa Inggris yang sudah kami bagikan di ruang 31 sampai 35 di SMA Tamiriyah, ternyata pada lembar jawabannya tidak terdapat opsi jawaban E,” terang Sucipto.

Kepada pengawas ujian nasional dari perguruan tinggi, Sucipto setelah mendapat persetujuan Tutik Rochmiati kepala SMA Tamiriyah Surabaya, langsung mengambil langkah praktis, dengan menambahkan huruf E pada lembar jawaban jika memang dibutuhkan.

“Kami memilih solusi itu, menambahkan huruf E pada lembar jawaban jika memang dibutuhkan jawaban E, setelah sebelumnya kami koordinasikan dengan pengawas UN dari perguruan tinggi,” tambah Tutik Rochmiati.

Sementara itu, dihubungi ditempat berbeda Kartika Fitriasari pengawas ujian nasional dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Rabu (16/4/2014) saat dihubungi suarasurabaya.net membenarkan bahwa kendala langsung dicarikan solusi setelah pihaknya melakukan koordinasi.

“Tidak semua lembar jawaban memang. Tetapi dari lembar jawaban ujian nasional yang sudah dibagikan, ternyata ada beberapa nomor yang tidak memiliki opsi jawaban E. Dan kami langsung putuskan untuk menambah huruf E jika memang dibutuhkan,” tegas Kartika Fitriasari saat dihubungi suarasurabaya.net, Rabu (16/4/2014).(tok/rst)

Teks foto:
-Pelaksanaan UN SMA di Surabaya terkendala dihari terakhir.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs