Jumat, 3 April 2020

IDI Buka Konsultasi Kesehatan Lewat Hello Doctor

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerja sama membuka konsultasi kesehatan dalam jaringan (daring) “Hello Doctor” untuk memudahkan masyarakat mendapatkan saran dari dokter terkait kesehatan pribadi.

Michael Mol Direktur Medis “Hello Doctor” di Jakarta, Selasa (29/4/2014), mengatakan “Hello Doctor” adalah solusi kesehatan berbasis teknologi bagi masyarakat untuk memperoleh akses langsung lewat perpaduan saluran internet dan telepon genggam untuk mendapatkan saran dari dokter.

“Kami berupaya memudahkan masyarakat yang memiliki telepon selular sehingga mereka bisa bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri dengan cara terjangkau dan sederhana,” katanya.

Ia mengatakan aplikasi ponsel tersebut dimaksudkan untuk memberi jalan keluar bagi pelanggan yang memiliki berbagai kendala dengan dokter seperti kemampuan membayar, perihal waktu dan jarak serta masalah kenyamanan.

“Diharapkan aplikasi ini dapat memfasilitasi deteksi dan penanganan dini melalui akses langsung ke ‘Hello Doctor’. Dengan begitu, masyarakat yang berlangganan bisa mendapatkan saran tepat dan mendapatkan informasi kesehatan akurat serta secara pribadi,” katanya.

Sementara itu, Nafsiah Mboi Menteri Kesehatan memberi apresiasi terhadap kehadiran aplikasi kesehatan daring tersebut untuk pertama kalinya di Indonesia.

Menurutnya aplikasi itu dapat memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter. Kendati demikian, dia tetap memberikan masukan untuk “Hello Doctor”.

“Saya pikir masyarakat dimudahkan untuk mendapatkan informasi kesehatan. Tetapi perlu ada keberlanjutan untuk aplikasi ini agar ke depannya lebih baik.”

“Ada baiknya ‘Hello Doctor’ ini bisa memfasilitasi kebutuhan konsultasi medis bagi masyarakat yang kurang mampu, atau bisa juga aplikasi sejalan dengan kebijakan BPJS agar bisa untuk semua tidak terbatas pada kalangan tertentu saja,” katanya.

“Hello Doctor” sendiri baru bisa diakses oleh masyarakat yang berlangganan menggunakan operator Telkomsel. Sehingga masih terbatas bagi masyarakat yang menjadi pelanggan untuk salah satu brand penyedia layanan jasa komunikasi tersebut.

Aplikasi “Hello Doctor” dapat berjalan di sejumlah ponsel cerdas yang kompatibel. Info tersebut juga dapat diakses melalui laman www.hellodoctor.co.id. (ant/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
27o
Kurs