Kamis, 28 Maret 2024

Jatim Berharap Pusat Percepat Pembangunan JLS

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pembangungan Jalur Lintas Selatan Jawa Timur. Foto : mapjatim.or.id

Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur berharap Komisi XI DPR membantu penuntasan pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan wilayah selatan mulai Pacitan hingga Banyuwangi.

Pernyataan Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf ini disampaikan ketika dirinya menerima kunjungan komisi XI di kantor Gubernur Jawa Timur, Kamis (11/12/2014).

“Saat ini ada problem mendasar kami kekurangan dana untuk membangun infrastruktur JLS. Pembebasan lahan yang tersisa juga masih terhambat persetujuan Perhutani,” kata Gus Ipul.

Padahal, pembangunan JLS diharapkan mampu mensejahterakan dan mengurangi kesenjangan wilayah di kawasan Jawa Timur bagian selatan.

Selama ini, kata Wakil Gus Ipul, Pemerintah Provinsi sudah menganggarkan Rp500 miliar dari APBD untuk percepatan JLS. Dia berharap Pemerintah Pusat segera mengucurkan dana untuk menyelesaikan JLS.

“Saat ini pembebasan lahan yang milik masyarakat sudah selesai, tinggal yang berada di wilayah kewenangan Perhutani,” kata dia.

Sementara itu, Marwan Cik Asan, pimpinan Rombongan Komisi XI DPR RI, mengatakan bahwa maksud dari kunjungannya ke Jawa Timur adalah ingin memperoleh data dan menyerap aspirasi dari pemerintah daerah untuk dirumuskan di tingkat pusat.

“Kita sudah mengetaui apa yang diminta, dan poin terpenting adalah percepatan pembangunan JLS,” kata Marwn. (fik/rst)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs