Selasa, 30 April 2024

Jembrana Antisipasi Eksodus PSK Dolly

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pemerintah Kabupatern Jembrana, Bali, mengantisipasi eksodus PSK dari Dolly, saat lokalisasi di Surabaya, Jawa Timur tersebut ditutup.

“Antisipasi tentu kami lakukan, khususnya di tempat-tempat hiburan malam yang ada di sini. Kami akan tingkatkan operasi kependudukan,” kata I Gusti Ngurah Rai Budi Kepala Kantor Satpol PP Jembrana di Negara, seperti dilaporkan Antara.

Menurutnya, saat Dolly ditutup, PSK di sini bisa saja eksodus ke daerah lain, termasuk Kabupaten Jembrana karena jaraknya relatif dekat.

Untuk itu operasi kependudukan ditingkatkan di tempat hiburan malam, kos-kosan, hingga penginapan, serta tempat lain yang terindikasi ada kegiatan prostitusi.

“Kami juga akan minta kepala dusun untuk mendata seluruh penduduk baru yang datang dan mewajibkan mereka memegang Surat Keterangan Tinggal Sementara atau SKTS,” ujar dia.

Tindakan yang akan dilakukan terhadap pendatang yang melanggar adalah dengan mengembalikan mereka ke daerah asalnya.

Kekhawatiran terhadap eksodus penghuni Dolly juga disampaikan Nur Hariri aktivis LSM Forkot Jembrana yang mengatakan hal ini berpotensi menularkan HIV/AIDS.

Agar mereka tidak menyebar di Jembrana, dia minta wilayah-wilayah tertentu bersiap mengantisipasi menjadi persinggahan PSK.

“Antisipasi dengan melakukan operasi sejak dini harus dilakukan, agar tempat-tempat prostitusi di Jembrana tidak bisa berkembang. Kalau dibiarkan, sehingga berkembang menjadi besar, lebih sulit menertibkannya,” kata dia. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs