Jumat, 19 April 2024

Kawasan Padat Lalu Lintas Dipastikan Dilengkapi PCTL

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Dipastikan kawasan jalan raya dengan kepadatan arus lalu-lintas serta volume kendaraan yang tinggi bakal dilengkapi dengan Pedestrian Crossing Traffic Light (PCTL) bagi penyeberang jalan.

“Kami jadwalkan semua jalan raya dengan kepadatan arus lalu-lintas yang tinggi di Kota Surabaya, nantinya akan dilengkapi dengan PCTL untuk memudahkan penyeberang jalan,” kata Irvan Wahyudrajad Kabid Lalu-lintas Dishub Surabaya.

Hingga saat ini, berdasarkan catatan Dishub Surabaya, beberapa jalan raya yang sudah dilengkapi dengan PCTL diantaranya adalah: Jl. Ahmad Yani depan sekolah Bhayangkari, Jl. Raya Darmo depan Taman Bungkul.

“Jl. Kalibutuh, Jl. Kenjeran, Dinoyo, Tambak Langon, Jl. Diponegoro, dan kawasan Jl. Indrapura. Kawasan-kawasan itu termasuk jalanan dengan volume kendaraan cukup tinggi,” tambah Irvan.

Tetapi, lanjut Irvan, kepadatan dan volume kendaraan bukan satu-satunya pertimbangan untuk pemasangan PCTL. “Tingginya volume penyeberang jalan juga jadi pertimbangan kami untuk memasang PCTL tersebut,” kata Irvan.

Oleh karena itu, lanjut Irvan, pemasangan PCTL selain berdasarkan hasil studi serta evaluasi, juga dipasang atas laporan dan masukan dari warga masyarakat yang memang membutuhkan sarana penyeberangan jalan.

“Kami pasang berdasarkan hasil evaluasi dan studi kami sendiri, tetapi ada juga beberapa PCTL yang kami pasang atas permintaan dan laporan dari warga masyarakat sendiri,” papar Irvan.

Dalam waktu dekat, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya memasang sekurangnya 13 PCTL di sejumlah kawasan jalanan padat dan volume lalu lintas tinggi serta dibutuhkan penyeberang jalan di Surabaya.(tok/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs