Senin, 13 Mei 2024

Kenali Alam, Isi LOS Buat Biopori

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Selain mewajibkan seluruh siswa baru mengikuti berbagai kegiatan dalam LOS, Rabu (16/7/2014) siswa baru di SMA Katholik St Louis 1 Surabaya mengikuti kegiatan membuat Biopori dalam rangka mengenal lingkungan.

“Seluruh siswa baru memang wajib mengikuti seluruh kegiatan layanan orientasi siswa (LOS) dan satu diantara kegiatan yang wajib diikuti siswa baru tahun ini adalah melakukan pembuatan Biopori,” terang dr. Lina mewakili SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya.

Setelah mendapat pengarahan terkait cara membuat Biopori serta manfaatnya untuk tanah, dan untuk kehidupan mnusia, para siswa yang sudah terbagi dalam kelompok-kelompok kecil langsung membuat lubang Biopori.

Mengapa dipilih kegiatan membuat lubang Biopori, Lina mengingatkan bahwa saat ini kesadaran membangun pengetahuan tentang perlindungan dan konservasi alam sangat penting dilakukan. Termasuk untuk siswa SMA.

“Kalau sejak saat ini para siswa sudah memiliki kesadaran untuk ikut menjaga lingkungan, dengan membuat Biopori, kami berharap dimasa mendatang dapat memberikan bekal positif bagi mereka. Terkait dengan menjaga alam,” tambah Lina.

Lebih dari 100 lubang Biopori dipersiapkan dan dibuat para siswa baru SMA Katholik St. Louis 1 Surabaya, Rabu (16/7/2014) bekerjasama dengan Tunas Hijau Indonesia, sebagai bagian dari aktivitas LOS tahun 2014.

Sementara itu, menurut Zamroni direktur Tunas Hijau kegiatan pembuatan lubang Biopori diharapkan menggugah keinginan para siswa baru untuk lebih tahu tentang alam lingkungannya.

“Harapan kita dengan kegiatan membuat Biopori ini adalah agar generasi muda termasuk para siswa baru SMAK St. Louis 1 Surabaya, lebih mengenal alam, kemudian tahu dan ikut serta menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” pungkas Zamroni pada suarasurabaya.net, Rabu (16/7/2014).(tok)

Teks foto :
– Lubang biopori bagian pengamanan air tanah
Foto : Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
32o
Kurs