Jumat, 26 April 2024

Korban Kelud Dapat Bantuan 12 Ribu Ton Semen

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pemerintah Kabupaten Kediri mengirim sebanyak 12 ribu genteng dan 12 ribu ton semen untuk membantu membangun kembali rumah warga dampak letusan Gunung Kelud.

Masykuri, Wakil Bupati Kediri, Selasa (18/2/2014) mengatakan bantuan mulai didistribusikan sejak Selasa (18/2/2014). “Sekarang sudah ada banyak genting serta semen sumbangan dari BUMN,” kata Masykuri.

Dari data yang ada, jumlah rumah rusak berat akibat letusan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri mencapai 3.292 rumah, serdangkan untuk rumah yang mengalami rusak ringan sebanyak 2.192 rumah.

Masykuri menghimbau bagi instansi maupun perseorangan yang ingin mengirimkan bantuan pembangunan rumah warga, diharapkan tidak berupa uang melainkan berupa bahan bangunan.

“Bayangkan tiga ribu bangunan, kalau mau beli bahan bangunan kita kesulitan, jadi silakan kalau nyumbang bahan bangunan saja,” kata dia.

Selain membantu bahan bangunan, pemerintah juga telah minta bantuan TNI dan Polri untuk ikut membangun kembali rumah warga yang rusak.

Sementara itu, terkait status Gunung Kelud, Masykuri mengatakan saat ini status awas Gunung kelud sudah turun menjadi awas level 1. “Saat meletus kemarin awas status 4. Kami mengimbau masyarakat tetap bersabar menunggu perkembangan,” kata dia. (fik/dwi)

Teks Foto :
-Pemukiman korban letusan Gunung Kelud
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs