Minggu, 5 Mei 2024

Muhammadiyah Hormati Perbedaan

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Din Syamsuddin Ketua Umum PP Muhammadiyah menyampaikan hormat kepada Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama yang menunjukkan jiwa besar menghadapi perbedaan menentukan awal Ramadhan 1435 H.

Meskipun ada pebedaan antara Muhammadiyah dengan pemerintah dan ormas-ormas Islam dalam menentukan awal puasa, tidak ada gejolak seperti beberapa tahun sebelumnya.

Sekadar diketahui, Muhammadiyah melaksanakan puasa mulai Sabtu (28/6/2014) hari ini. Sedangkan pemerintah melalui Sidang Isbad, menetapkan awal puasa 1 Ramadhan pada Minggu, 29 Juni besok.

“Saya Ketum MUI dan PP Muhammadiyah menyampaikan hormat atas pandangan pemerintah dan ormas Islam, serta jiwa besar pemerintah menyikapi perbedaaan ini,” kata Din Syamsuddin.

Pemerintah lebih mengedepankan ukhuwah islamiyah dari pada kekuasaan, sehingga terbuka ruang dialog untuk memperkecil perbedaan.

Selaku Ketua MUI, Din Syamsuddin mengajak masyarakat menjaga kesucian Ramadhan dan jangan dikotori dengan sweeping dan aksi kekerasan dengan alasan apapun. (jos/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs