Jumat, 29 Maret 2024

Pasukan Zeni Tempur dan Marinir Dikirim ke Kediri

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menerjunkan personelnya, untuk membantu korban letusan Gunung Kelud di Kediri.

Bantuan yang sekarang sedang berjalan menuju Kediri, dari pasukan Zeni Tempur di Malang dan Marinir dari Surabaya, akan didatangkan khusus ke Kediri dan alat berat yang akan digunakan untuk membersihkan timbunan pasir dan debu dampak dari meletusnya Gunung Kelud.

Menurut Heriyadi, kekuatan pasukan TNI itu, akan membantu membersihkan pasir dan debu yang menutup seluruh jalan utama di Kabupaten dan Kota Kediri. “Ketebalan pasir dan debu sudah mencapai 20 cm, khususnya di kawasan Ngancar, Kediri, yang lokasinya sangat dekat dengan Kelud,” jelas Heriyadi, Jumat (14/2/2014).

Selain akan membersihkan debu dan pasir, pasukan TNI juga sudah disiagakan membantu dapur umum dan posko kesehatan di 9 lokasi di sekitar lokasi letusan Gunung Kelud, diantaranya di Wates, Ploso Klaten, Puncu dan Kepung.

Kekuatan keseluruhan pasukan TNI yang akan siaga di sekitar Gunung Kelud sampai situasi kembali normal, akan mencapai 800 personel. 400 personel dari Kodim 0809 Kediri di backup 3 kompi pasukan dari Batalyon 521 dan Brigif 16 sebanyak 1 kompi.

Sementara dua kekuatan tambahan yang sedang dalam perjalan menuju Kediri dari Surabaya dan Malang, sampai sekarang masih belum datang ke lokasi di sekitar Gunung Kelud. (tas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs