Senin, 20 Mei 2024

Peduli Bungkul, Beragam Perusahaan Sumbang Ribuan Tanaman

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Beberapa perusahaan antusias membantu menghijaukan kembali Taman Bungkul paska kerusakan akibat terinjak acara berbagi es krim gratis beberapa waktu lalu. Melalui program #PeduliBungkul yang digagas Suara Surabaya Media, beberapa perusahaan tak hanya antusias menyumbang, mereka bahkan ingin terlibat langsung menanam kembali guna menghijaukan Bungkul.

PT Surya Timur Sakti Jatim (main diler Yamaha di Jawa Timur), misalnya, bahkan akan menyumbangkan sebanyak dua ribu tanaman berbagai jenis. “Kita sudah siap dan besok secara simbolik kami akan ikut menanam di Bungkul,” kata Agung Mundi, General Manager Marketing PT Surya Timur Sakti Jatim, pada suarasurabaya.net, Sabtu (24/5/2014).

Menurut Agung, dua ribu tanaman yang akan disumbangkan disesuaikan dengan 17 jenis tanaman yang selama ini menghiasi Taman Bungkul yaitu Ararea, Brokoli Kuning, Pagoda, Helokonia Lady, Jaburan, Mawar Jambe, Melati Jepang, Palem Kipas, Pandanus, Pucuk Merah, Terang Bulan Kuning, Trie Color, Palem Wregu, Tabernai, Song Of India, Sambang Darah, serta Sakura.

Agung mengatakan, sumbangan ini merupakan bagian dari upaya Yamaha untuk turut serta menjaga lingkungan. “Ini bagian dari program CSR kami untuk ikut menjaga bumi tetap hijau,” ujarnya.

Dia mengatakan, program Yamaha peduli lingkungan sebenarnya bukan kali ini saja dilakukan. Bahkan sesaat setelah pembangunan Gelora Olahraga Bung Tomo, Yamaha juga ikut menyumbangkan seribu pohon untuk mempercepat penghijauan di sekitar lapangan itu.

Selain Yamaha, Blue Bird Taxi juga menyumbang ribuan tanaman. Firendra Novandria, Manager Sales and Marketing Blue Bird mengatakan dari 17 tanaman yang diperlukan di Bungkul, pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 16 jenis. “Hanya satu tanaman yang tidak bisa kita dapatkan karena harus pesan,” kata dia.

Tanaman-tanaman ini, kata Firendra, pada Minggu besok secara langsung akan diberikan secara simbolik di Taman Bungkul. Dia juga mengatakan, aksi menyumbang tanaman ini merupakan bagian dari upaya Blue Bird dalam menjaga dan menghijaukan Surabaya.

Sementara itu, Irma Widya Koordinator Program #PeduliBungkul mengatakan selain Yamaha, PT Vitapharm (Viva Cosmetics) juga menyumbangkan ratusan tanaman untuk Bungkul.

Beberapa tanaman yang disumbangkan Viva diantaranya adalah 100 Melati Jepang, 100 Pandanus, 100 Terang Bulan Kuning, 100 Helokonia, dan 5 Pucuk Merah.

Irma mengatakan, Suara Surabaya Media sebagai motor dari aksi ini juga ikut menyumbang ribuan tanaman diantaranya 1000 batang Ararea, Heliconia Lady 750 batang, Song of India 200 batang, Tricolor 750 batang, Sambang Darah 500 batang, dan Terang Bulan Kuning 1500 batang,

Sekadar diketahui program #PeduliBungkul merupakan sebuah upaya yang digagas Suara Surabaya Media untuk menggerakkan masyarakat ikut serta menanam kembali Bungkul. Masyarakat bisa mengumpulkan tanaman yang disumbangkan di Suara Surabaya Centre Jl. Raya Bukit Darmo Golf no 22-24 (sisi Barat jalan tol satelit) paling lambat Sabtu (24/5/2014) pukul 17.00 WIB, atau bisa datang langsung ke Taman Bungkul pada hari Minggu (25/5/2014) pagi.

Pada Minggu (25/5/2014) pukul 05.30 WIB, rencananya tanaman-tanaman itu akan diserahkan secara simbolis pada Walikota Surabaya di Taman Bungkul. Masyarakat yang menyumbang juga bisa ikut menanam tanaman sumbangan warga itu dengan panduan dari petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Surabaya setelah penyerahan simbolis. (fik)

Teks Foto :
-Taman Bungkul.

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
27o
Kurs