Senin, 20 Mei 2024

Pendaftar Membludak, Profesi PNS Masih Jadi Idola

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Pendaftar CPNS di Jawa Timur. Foto : dok. suarasurabaya.net

Profesi PNS masih menjadi idola. Terbukti mulai pendaftaran CPNS dibuka 25 Agustus 2014 pendaftarnya membludak.

Belum sampai 1 bulan jumlahnya sudah 1,46 juta pelamar. Sampai akhir bulan lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mencatat jumlahnya naik lagi menjadi 2,25 juta.

Suwardi Kabag Komunikasi Publik KemenPAN-RB menyebutkan, total instansi yang sudah membuka pendaftaran CPNS sebanyak 368 instansi.

Ada tiga instansi favorit yang diburu pelamar tahun ini yakni Departemen Keuangan, Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sedangkan tiga instansi yang kurang diminati yakni Kabupaten Bolaang Mongondow, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Halmahera Barat. Bahkan data Kemnepan-RB, Kabupaten Halmahera Selatan dan Barat pelamarnya kurang dari 10 orang.

Dengan jumlah pendaftar 2 juta lebih berarti lowongan PNS punya capaian yang tinggi dalam merekrut tenaga-tenaga muda yang freshgraduated dari perguruan tinggi.

Tapi selain positif menampung jumlah pelamar yang cukup fantastis jumlahnya, di sisi lain justru kemunduran prestasi bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Kemundurannya karena pendidikan di Indonesia belum siap menciptakan generasi muda yang mandiri dan bermental wirausaha.(berbagai/gk/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs