Minggu, 19 Mei 2024
Meletusnya Gunung Sangiang di Sangiang Pulo

Penerbangan Kupang-Surabaya Lumpuh Akibat Abu Vulkanik

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Penerbangan dari Bandara International Juanda Surabaya menuju Bandara El Tari Kupang dan Bandara lain di Nusa Tenggara Timur lumpuh akibat adanya abu vulkanik dari meletusnya Gunung Sangiang di Sangiang Pulo yang mengganggu jarak pandang pilot.

“Hari ini aktivitas penerbangan mengalami stagnasi dan kalau kalaupun ada terjadi “delay” pasca erupsi Gunung Sangiang di Sangiang Pulo, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat,” kata Gabriel Lusi Keraf Airport Duty Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang yang dihubungi Antara melalui telepon genggam, di Kupang, Minggu (1/6/2014).

Ia mengatakan sejak pagi hingga Minggu (1/6/2014) petang penerbangan masing-masing Lion Air dan Citilink, Sriwijaya dan Garuda dari dan menuju Surabaya dengan rata-rata membawa punumpang hingga 200 orang lebih praktis tidak terjadi.

Kecuali katanya penerbangan perintis dari dan ke sejumlah pulau dalam wilayah kepulauan ini yang melakukan aktivitas penerbangan karena dampak abu vulkanik tidak terlalu menghambat pamandangan pilot dalam menerbangkan pesawat.

Dia menyebutkan rute penerbangan yang dibatalkan itu adalah Denpasar – Labuan Bajo – Ende – Kupang, Denpasar – Tambolaka – Kupang, Jakarta – Mataram – Kupang, Jakarta – Denpasar – Kupang, begitu pula dengan rute penerbangan sebaliknya.

Menurut dia keputusan untuk membatalkan penerbangan dari dan menuju ke Bandara El Tari bukan sebatas alasan penerbangan tetapi keselamatan penumpang lebih diutamakan.” Sampai saat ini kami masih terus memantau perkembangan letusan Gunung Sangiang dan penundaan penerbangan belum bisa diprediksi sampai kapan. Yang jelas sampai tidak ada lagi abu vulkanik yang menganggu lalu lintas penerbangan,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, informasi dari pusat vulkanologi menyebutkan, dampak meletusnya gunung yang terletak di Kabupaten Bima itu sudah terasa hingga ke wilayah NTT dan sudah menuju wilayah udara Australia.

Sementara itu dari Mataram dilaporkan aktivitas penerbangan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dilayani maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways, dibatalkan terkait erupsi Gunung Sangiang Api.

“Ada pembatalan rute penerbangan Lombok-Kupang, sejak kemarin, sampai diyakini tidak lagi terganggu erupsi Gunung Sangiang Api itu,” kata Indra Ramdani, petugas pelayanan tiket Garuda di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Indra dikerumuni penumpang pesawat Garuda rute penerbangan Lombok-Kupang yang kesal karena pembatalan rute penerbangan itu, tidak disertai pemberitahuan terlebih dahulu.

Pantauan di Bandara El Tari Kupang, Minggu petang bukan hanya Garuda Indonesia yang membatalkan jadwal penerbangan, tetapi Lion Air dan City Link juga membatalkan penerbangan tujuan Kupang – Surabaya – Jakarta. Tidak seperti yang terjadi di Mataram dimana penumpang yang telah memegang tiket untuk berangkat melakukan protes ke petugas maskapai Garuda di Lombok.

Sejumlah penumpang yang ditemui di Bandara El Tari Kupang, menyatakan umumnya mereka memahami keputusan yang diambil Garuda Indonesia itu, demi keselamatan penumpang.” Kita tunggu saja sampai ada pemberitahuan lebih lanjut, karena kondisi ini masih sulit diprediksi,” kata Suster Cony, calon penumpang yang akan terbang ke Surabaya itu.

Gunung Sangiang di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Jumat (30/5/2014) meletus. Letusan itu mengeluarakan abu hingga mencapai 3000 meter. Angin membawa asap ke arah barat hingga ke Kota Bima yang berjarak sekitar 70 kilometer.Radius aman sekarang menjadi 1,5 Km yang sebelumnya masih berjarak 7,5 Km. (ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs