Jumat, 26 April 2024

Polisi Sterilkan Klenteng Jelang Perayaan Imlek

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Menjelang perayaan imlek, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya melakukan sterilisasi Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau klenteng yang berada di wilayah hukumnya. Hal ini untuk menjamin keamanan dan kelancaran ibadah umat Tionghoa selama perayaan tahun baru imlek.

AKP Supian Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, dari penyisiran yang dilakukan anggota tidak ditemukan barang-barang yang mencurigakan, sehingga masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah di klenteng tidak perlu khawatir.

“Di wilayah hukum kami ada lima Klenteng, dan kami melakukan sterilasasi sebelum digunakan untuk ibadah menjelang perayaan tahun baru imlek. Yang pertama kami tuju Klenteng Pak Kik Bio Jl. Jagalan, dan berlanjut ke Klenteng lainnya.” kata AKP Supian kepada wartawan, Kamis (30/1/2014).

Dia menambahkan, untuk menjaga kondisi tetap aman, anggota tetap ditempatkan untuk berjaga disetiap klenteng minimal 10 personel. “Namun bisa personel bisa kita tambah, tergantung dengan umat tionghoa yang datang untuk beribadah,” ujarnya.

Dalam proses sterilisasi, pihak kepolisian melibatkan unit K9 (anjing pelacak) yang lebih terlatih untuk hal-hal seperti ini. Petugas juga dengan teliti mengamati dan memeriksa seluruh isi klenteng baik dengan bantuan anjing pelacak, mirror maupun detektor logam. (wak/rst)

Teks Foto:
– Anggota Polisi memeriksa tempat sembahyang di Klenteng Pak Kik Bio Jl. Jagalan.

Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs