Rabu, 1 Mei 2024

Rekayasa Mobil Bekas Dari Body Hingga Mesin

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Berbagai modus kerap dilakukan para penjual mobil bekas untuk menggaet pembeli. Satu diantaranya ialah merekayasa kondisi fisik seperti pengecatan agar terlihat baru hingga pada bagian mesin seperti mengganti onderdilnya.

Untuk itu jika berniat membeli mobil bekas, pembeli diharuskan teliti dan melakukan persiapan dengan mencari banyak informasi agar tidak tertipu atau menyesal setelahnya.

Terkait dengan rekayasa kondisi mobil, sebelum membeli baiknya lakukan pemeriksaan pada exterior maupun interior mobil. Misalnya mulai dari pengecatan dan body mobil hingga kondisi mesin mobil.

Beberapa mobil bekas ada yang dicat ulang oleh penjualnya. Ini untuk penunjang penampilan agar terlihat baik dan menarik. Meski demikian disarankan memilih cat orisinal karena lebih mudah diketahui body asal dibalik cat itu.

Pada bagian mesin perlu dicek apakah mesin mobil dalam keadaan kering dan tidak ada kebocoran oli. begitu juga dengan kelistrikan, apakah ada kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi, terutama pada kutub Positif di Aki yang mengindikasikan banyak aksesoris listrik tambahan.

Ada kemungkinan mesin yang ada pada mobil bekas diganti oleh penjualnya. Untuk itu jika tidak mengetahui tentang mesin, disarnkan mengajak teman yang lebih tahu.

Sejatinya mobil bekas berharga lebih murah, walau hal ini sangat tergantung pada merk, tipe, dan model yang Anda pilih. Kemudian, secara garis besar mobil bekas bisa dikategorikan dalam beberapa kelompok, diantaranya:

a. Balita,
Body dan mesin harus mulus, kecuali fast moving parts. Seharusnya yang perlu perbaikan hanya seputar kaki2 saja (shock, ball joint, tie rod), belt, ban, dll. Selebihnya harus sama dengan kondisi mobil baru.

b. 5-10 tahun.
Interior cabin harus masih utuh. Body harus mulus, tetapi cat sedikit pudar atau gores halus bisa diterima. Cat perlu disiram ulang, tidak perlu dikerok. Mesin kemungkinan perlu top over haul (turun setengah). Kaki2 dan fast moving parts perlu diganti baru.

c. 10-15 tahun.
Interior cabin sudah pudar. Kemungkinan plafond cabin dan kulit jok harus diganti. Body tidak terlalu mulus, mulai ada sedikit karat atau penyok kecil, cat sudah banyak gores dan pudar. Perlu sedikit body repair ringan dan cat siram. Mesin kemungkinan besar perlu full over haul. Terutama ring piston sebaiknya diganti baru.

d. 15-20 tahun.
Interior cabin sudah kusam dan ada yang sobek, harus diganti baru. Body sudah ada yang keropos di beberapa tempat dan penyok kecil sebagian. Cat gores dan pudar, di beberapa tempat terkelupas. Kalau catnya masih mulus, dapat dipastikan sudah tidak asli lagi, malah jadi susah diduga apakah cuma didempul atau dilas ulang. Perlu body repair berat, di las ulang. Sementara pengecatan harus dkerok sampai cat dasarnya. Mesin sebaiknya langsung full over haul, kemungkin juga harus over size. Kaki2 dan fast moving parts langsung diganti baru. (all/ain/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs