Senin, 17 Juni 2024

Ribuan Cak Koen Berpesta di Balai Kota

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Ribuan Cak Koen atau para petugas pembersih jalan, satgas dari dinas, pekerja sosial dan SKPD hari ini, Minggu (14/9/2014) berpesta di halaman Balai Kota Surabaya. Mereka diundang dan diberi kebebasan oleh Pemerintah Kota Surabaya selama satu hari untuk melakukan apa saja, seperti makan bersama, hiburan musik, sembako, pembagian doorprize hingga pemberian beasiswa untuk anak-anak mereka yang berprestasi.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya mengatakan ini merupakan acara rutin tahunan yang sengaja digelar untuk mengapresiasi kinerja Cak Koen. “Mereka bekerja tidak hanya capek, tapi juga mempertaruhkan nyawa. Sempat juga ada berita Cak Koen meninggal saat melaksanakan tugas. Untuk itu, selama satu hari kami ingin memberikan hiburan dan penghargaan atas kinerja mereka selama ini,” terangnya.

Menurutnya, jangan menyepelekan Jasa Cak Koen, karena tanpa bantuan mereka Surabaya tidak bisa jadi apa-apa. Cak Koen adalah pekerja lapangan yang turut menyumbang kedinamisan kota dan pekerjaan mereka sangat beresiko. Ada yang meninggal karena tetanus saat membersihkan sampah, tertimpa pohon atau tertabrak alat berat.

Jumlah Cak Koen yang datang ke Balai Kota, kata Risma, sekitar seribu lebih dan mereka bisa menikmati hiburan dan makanan yang disajikan. Sedangkan anak-anak Cak Koen yang berpretasi mendapatkan beasiswa Pemkot.

Kepada anak-anak dan juga orang tua yang mendampingi Risma berpesan untuk menggunakan beasiswa dengan bijak dan jadikan pemacu untuk terus berprestasi. Ia memperingatkan agar orang tua tidka menggunakan beasiswa tersebut untuk hal lain kecuali pendidikan anak. Karena tujuan beasiswa tersebut untuk itu.

“Saya tidak ingin dengar ada anak yang masih kesulitan biaya sekolah, padahal sudah mendapatkan beasiswa. Jangan sepelekan pendidikan, dan mari bersama bimbing anak-anak ini mampu mewujudkan impian mereka. Siapa tahu, kalau nanti dari mereka ada yang menjadi Presiden,” tegasnya dihadapan orang tua dan anak-anak yang hadir.

Cak Koen adalah acara tahunan yang sudah memasuki tahun ketiga. Ini merupakan agenda Pemerintah Kota untuk mengapresiasi kinerja Cak Koen yang terdiri dari pasukan kuning, pasukan hijau, pasukan biru, petugas pungut sampah, petugas dinas pematusan, penjaga makam, penjaga rumah pompa dan pekerja sosial lainnya. (ain)

Teks Foto: Risma saat bersama anak-anak Cak Koen yang berprestasi
Foto: Desy Kurnia suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs