Rabu, 22 Mei 2024

Sail Raja Ampat 2014 Dibuka

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sail raja Ampat 2014 secara resmi dibuka. Foto: Dispenal

Sabtu (23/8/2014) pagi, Bumi Pertiwi seakan miring ke timur. Pasalnya, tak hanya masyarakat Kabupaten Raja Ampat saja yang berharap dapat melihat dari dekat secara langsung jalannya puncak acara Sail Raja Ampat 2014 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi ribuan masyarakat dari luar wilayah Kabupaten Raja Ampat pun juga tumpah ruah ingin menyaksikan berbagai aktraksi yang ditampilkan para prajurit TNI Angkatan Laut.

Ribuan warga masyarakat memberikan tepuk tangan membahana ketika para penerjun dari Batalyon Intai Amfibi 1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang dikomandani Mayor Marinir Fredy Ardianzah itu mendarat tepat di titik dropping zone yang sudah ditentukan di depan podium yang berada dibibir pantai WTC.

Para penerjun andal tersebut sebelumnya diangkut dengan menggunakan 2 pesawat TNI AL jenis cassa NC 212 dari Skuadron 600 Wing Udara-1 Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) pada ketinggian 6000 feet.

Kedua pesawat cassa tersebut yakni cassa NC 212 nomor lambung 622 dengan pilot Mayor Laut (P) Rahmat dan Co Pilot Kapten Laut (P) Adi Nugroho, sedangkan cassa NC 212 nomor lambung 623 dengan pilot Kapten Laut (P) Ervan dan Co Pilot Lettu Laut (P) Adi Nugroho.

Warga masyarakat yang terus berdatangan menyambut hangat dengan tepuk tangan ketika seluruh kapal perang yang tengah melakukan sailling pass memberi penghormatan kepada Presiden RI yang kala itu didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio.

Devile belasan kapal perang itu diikuti pula sejumlah kapal asing, kapal-kapal pemerintah dan swasta, serta puluhan kapal tradisional nelayan dari wilayah Waisai dan sekitarnya. Pengunjung larut dalam decak kagum. Wajah wajah mereka riang, dan lepas tanpa beban.

Mendukung rangkaian acara Sail Raja Ampat 2014, TNI AL juga mengelar kegiatan Bhakti Sosial dengan nama operasi Surya Bhaskara Jaya. Kegiatan kemanusiaan yang diselenggarakan setiap tahun ini, menggunakan KRI Dr Suharso-990 dari Satuan kapal bantu Komando armada RI Kawasan Timur.

Para prajurit TNI Angkatan Laut yang terlibat dalam Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXIII/2014 telah memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat Pulau Mukus dan Waisai, kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.(tok)

Authentikasi: Dansatgaspen Sail Raja Ampat 2014, Kolonel Laut (KH) Drs. Supriyono.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
26o
Kurs