Sabtu, 18 Mei 2024

Senpi Ilegal Milik Pengusaha Buatan AS dan Belgia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Senjata api (senpi) ilegal yang diamankan dari dua pengusaha di Surabaya harganya belasan juta rupiah dan buatan luar negeri.

Kombes Pol Awi Setiyono Kabid Humas Polda Jawa Timur pada suarasurabaya.net mengatakan, senjata api revolver buatan Amerika Serikat dan pistol Browning Power Auto buatan Belgia.

Kata Awi, untuk senjata api Revolver caliber 22 mm dibeli Rony dengan harga Rp.12 juta. Sedangkan pistol Browning caliber 9mm dibeli dengan harga Rp.13 juta.

“Air gun harganya jauh lebih murah, dari lima air gun yang dimiliki Rony harganya antara Rp.1,9 juta sampai Rp.2,2 juta. Semuanya dibeli Rony dari temannya IR di Jakarta via online,” kata dia.

Rony juga mengaku sudah sejak Januari 2013 mulai membeli senjata api ilegal ini. Sampai awal 2014 kemarin, dia sudah membeli tujuh senjata dari IR yang hanya dikenalnya lewat Facebook.

“Satu pembelian dengan lainnya selisihnya ada satu bulan, ada juga yang berjarak dua sampai tiga bulan. Dia pesan, kemudian mengirim uang dengan cara transfer setelah itu barang dipaketkan dari Jakarta ke Surabaya. Dan itu sudah berjalan selama kurang lebih setahun,” ujar dia.

Sekadar diketahui, dua orang pengusaha di Surabaya digrebeg dan diamankan polisi karena menyimpan senjata api ilegal atau tak berizin yang dibeli via online. (dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs