Selasa, 21 Mei 2024

Surabaya Berawan dan Berpotensi Hujan

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Kondisi cuaca di Surabaya saat ini berawan dan berpotensi hujan pada sore hingga malam nanti. T Setiawan prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya mengatakan, kawasan Surabaya yang sangat berpeluang untuk terjadi hujan di bagian selatan.

”Surabaya bagian selatan sangat berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Durasinya diperkirakan cukup lama karena kecepatan angin untuk hari 05-35 km/jam, cenderung berkurang dari pada hari-hari sebelumnya,” kata Setiawan kepada suarasurabaya.net, Minggu (9/2/2014).

Dia menambahkan, di Surabaya angin berhembus dari Barat Laut dan kelembapan udara 58-92%. Beberapa kawasan di Jawa Timur juga terpantau berawan dan berpotensi hujan seperti Malang, Pasuruan, Nganjuk, dan Jember. “Hujan juga akan terjadi di kawasan tersebut dengan intensitas ringan hingga sedang.

Setiawan mengimbau, meskipun kecepatan angin relatif berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnya, potensi angin kencang sesaat masih dimungkin terjadi. Selain itu, untuk masyarakat yang berada di daerah dataran tinggi, perbukitan atau pegunungan, saat hujan terjadi pada mala hari waspadai terjadinya rawan longsong.

“Masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi, atau daerah rawan longsor, tetap waspada saat hujan terjadi malam hari. Hujan pada malam hari lebih berpotensi menimbulkan longsor, karena tidak adanya penguapan air yang meresap ke dalam tanah,” pungkasnya. (wak/rst)

Foto: Ilustrasi.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
25o
Kurs