Selasa, 30 April 2024

Takjil, Rejeki Tambahan Penjual Kue Pasar Blauran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Datangnya Bulan Ramadhan juga berarti, mengalirnya rejeki tambahan bagi penyedia dagangan aneka Takjil sekaligus penjual Kue Basah di Pasar Blauran, Surabaya. Rejeki tahunan yang menguntungkan.

“Kalau puasa Ramadhan, biasanya memang ditambah Takjil. Mulai dari Pisang Goreng, Martabak Manis, Puding sampai Es Degan kami sediakan. Dan itu memang berbeda dengan Kue Basah,” terang Sri Maryati penjual aneka Kue Basah di pasar Blauran.

Beberapa jenis Takjil, kata Sri, memang dikirim pedagang kue langganannya. “Tapi, beberapa lainnya, kami buat sendiri dirumah. Seperti Pisang Goreng, Ote-ote, Es Degan. Kalau lainnya dikirim pedagang kue,” kata Sri.

Dengan bertambahnya pilihan aneka Takjil yang disediakan sejak awal puasa Ramadhan, lanjut Sri, omset penjualan kuenya memang bertambah. “Kalau dari Takjil sendiri, bisa nambah sampai 500 ribu rupiah setiap hari,” ujar Sri Maryati pada suarasurabaya.net.

Kalau pada hari biasa penjualan Kue Basah dilapak Sri Maryati hanya dikisaran 200 ribu hingga 300 ribu rupiah, maka perolehan itu meningkat seiring dengan hadirnya aneka Takjil untuk berbuka puasa tersebut.

“Alhamdulillah bisa sampai 1 juta rupiah kalau pas Sabtu sama Minggu. Tahun kemarin juga segitu dapatnya. Mudah-mudahan tahun ini nambah lagi,” pungkas Sri Maryati, Senin (30/6/2014).

Elok yang juga berjualan aneka Takjil dikawasan sentra jajanan perumahan Pondok Wage Indah Sidoarjo mengaku menikmati keutungan berlipat saat puasa Ramadhan tiba.

“Takjil memang paling laris. Mulai dari Tahu Isi, Pisang Molen, Es Dawet, sampai aneka lauk, dan Bothokan selalu habis. Kalau dihitung utungnya, Takjil Ramadhan bisa sampai 100% dari hari biasa. Sekitar 400 sampai 500 ribu. Alhamdulillah rejeki Ramadhan,” papar Elok.

Sama seperti Sri Maryati, beberapa jenis Takjil yang dijual Elok juga merupakan kiriman dari pedagang kue langgannnya. “Es Dawet dan Es Degan kami bikin sendiri dirumah. Lainnya dikirim,” tukas Elok saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (30/6/2014).(tok/rst)

Teks foto:
-Penjual Kue Basah yang juga menyediakan Takjil di pasar Blauran.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs