Senin, 17 Juni 2024

Tidak Pengen Repot, Semua Buku Pelajaran Dibawa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Berdalih tidak ingin repot, karena harus membongkar kembali isi tas sekolah untuk persiapan pelajaran esok hari, menjadi alasan siswa membawa hampir seluruh buku mata pelajaran sekolah ke dalam tas. Alhasil, tas menjadi terisi penuh dan berat.

Trisnawati, 27 tahun, orang tua siswi Sekolah Dasar di kawasan jalan Raya Darmo, Surabaya membenarkan bahwa tas sekolah puterinya penuh dan berat lantaran diisi hampir seluruh buku pelajaran yang dipergunakan selama seminggu.

“Katanya daripada bongkar-bongkar dan mencari-cari buku pelajaran sekolah, lebih baik seluruh buku pelajaran dimasukkan tas. Supaya lebih praktis katanya. Tapi tas sekolahnya jadi berat sekali. Meskipun pakai tas punggung, kok rasanya tetap saja berat,” ujar Trisnawati.

Sekali waktu, Trisnawati menanyakan apakah sekolah memang menganjurkan para muridnya untuk membawa seluruh buku mata pelajaran? Ternyata pihak sekolah justru sejak awal sudah memberikan jadwal pelajaran untuk siswa sehari-hari.

“Sekolah ternyata juga sudah memberikan jadwal pelajaran bagi siswa untuk kebutuhan pelajaran setiap hari. Saya kira memang anak-anak yang tidak mau repot ganti-ganti isi tas mereka supaya pagi sebelum berangkat sekolah langsung bisa dibawa. Benar sih praktis,” tukas Trisnawati pada suarasurabaya.net.

Ribka Sudiono, 29 tahun, yang puteranya bersekolah di sebuah sekolah dasar negeri di kawasan jalan Diponegoro, Surabaya menyampaikan hal senada, terkait dengan isi tas sekolah puteranya yang memang cukup ‘berisi’ dan pasti berat saat dibawa.

“Tidak ada perintah kok dari sekolah. Malah sekolah sudah memberikan jadwal pelajaran sejak hari Senin sampai Sabtu. Tetapi memang sejak kelas satu seluruh buku pelajaran masuk dalam ranselnya. Sekarang juga masih seperti itu,” cerita Ribka saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (9/6/2014).

Alasannya, lanjut Ribka memang lebih karena tidak mau repot harus membongkar ransel kemudian memilih buku pelajaran untuk ke sekolah, kemudian saat pulang dibongkar kembali. “Lebih karena memang tidak mau repot,” sergah Ribka.(tok/dwi)

Teks Foto :
– Siswa berangkat sekolah
Foto : Repro

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs