Selasa, 21 Mei 2024

Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polda Jatim Kumpulkan Klub Motor se-Jatim

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Puluhan bikers saat berkumpul di Taman Bungkul, Surabaya beberapa waktu lalu. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Antisipasi kejahatan jalanan, serta menepis image negatif masyarakat tentang klub motor, Polda Jawa Timur akan mewadahi dan memberikan arahan kepada para Bikers se-Jawa Timur.

Sekitar delapan ribu biker klub motor se-Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Kertosono, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan) dijadwalkan akan menghadiri pertemuan yang diadakan Ditlantas Polda Jawa Timur di sirkuit Kenpark Surabaya, Minggu (21/6/2015)

Kombes Pol Verdianto IB Dirlantas Polda Jawa Timur mengatakan, dalam pertemuan di Kenpark, para bikers dan klub motor yang hadir akan dimintai komitmen soal anti kekerasan. Selain itu juga meminta anggota klub motor bekerja sama dengan polisi terkait dengan pengamanan di jalan.

“Mereka (klub motor–red) yang datang akan berkomitmen, kalau di jalan melihat tindak anarkistis geng motor liar, silakan menghubungi kami. Pasti akan kami respons 24 jam,” kata Kombes Pol Verdianto kepada suarasurabaya.net, Sabtu (20/6/2015).

Dia menambahkan, dalam acara “Apel dan Ikrar Bersama Bikers Jempolan Anti Kekerasan” peserta tentunya akan mengucapkan ikrar dan berjanji untuk melaksanakannya. Ada lima poin yang diikrarkan.

Yakni, Kami bikers Jawa Timur bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, selalu menjunjung tinggi kedaulatan NKRI, selalu menjaga persaudaraan antar sesama bikers, selalu siap menaati peraturan lalu lintas dan menjaga ketertiban umum, dan yang terakhir anti kekerasan dan anti segala perbuatan melawan hukum.

Verdianto berharap dengan adanya ikrar bersama bikers se Gerbang Kertasusila, tidak akan lagi tindak kekerasan atau tindakan melawan hukum yang dilakukan para klub motor. Selain itu, akan semakin terciptanya ketertiban lalulintas di Jatim. (wak/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
31o
Kurs