Sabtu, 18 Mei 2024

Bawa Pohon Harapan, Anak-anak Kampanye World Environment Day

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sambut World Environment Day, pelajar berkampanye. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan siswa sekolah dengan masih memakai seragam sekolah diantaranya mengenakan pakaian Pramuka, Jumat (5/6/2015) berkampanye ditaman Flora, Bratang, Surabaya, mengajak generasi muda menjaga lingkungan dalam peringatan World Environment Day.

Tahun ini peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema: seven billion dreams, one planet, cosume with care, yang dimaksudkan bahwa 7 miliar manusia dengan segala keinginannya, menghuni satu bumi.

Dengan membawa berbagai poster, para siswa bersama finalis Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2015, mendatangi pengunjung taman flora Bratang guna berkampanye mengajak turut serta menjaga kelestarian bumi mulai dari hal-hal kecil.

“Menggunakan air seefektif mungkin, atau membuang sampah pada tempatnya, adalah bagian dari menjaga kelestarian Bumi serta lingkungan disekitar kita. Ini harus dilakukan, tidak sekedar dikampanyekan,” ujar Sylvia satu di antara finalis.

Lalu Sylvia menjelaskan bagaimana Bumi menjadi tercemar akibat dari ulah manusia. Pembakaran hutan secara liar, termasuk perusakan kelestarian bumi.

Pelaksanaan kampanye lingkungan hidup ini didasari dengan fakta bahwa bumi yang menjadi satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Dengan pertumbuhan penduduk dan pola konsumsi seperti saat ini membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.

Selain membawa poster, anak-anak membawa Pohon Harapan. Sambil berkampanye mereka meminta pengunjung taman Flora Bratang, menuliskan kondisi lingkungan hidup yang mereka harapkan khususnya di kota Surabaya, pada selembar Daun Kertas.

Daun-daun Kertas tersebut dipasang pada tangkai-tangkai Pohon Harapan sebagai simbol harapan kondisi lingkungan hidup pada masa mendatang menjadi lebih baik.(tok/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs