Jumat, 3 Mei 2024

Besok Malam Sepanjang Kalimas Berhias Lampion

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Lomba dayung perahu naga seperti ini akan diselenggarakan malam hari pada Festival Kalimas yang akan dibuka Tri Rismaharini-Wali Kota Surabaya, Sabtu (16/5/2015) malam.

Festival Kalimas akan dibuka besok malam, Sabtu (16/5/2015). Masyarakat Surabaya dapat menyaksikan lomba perahu dayung dan berbagai hiburan musik di sepanjang kali bersejarah itu sembari menikmati lampion-lampion di sepanjang sungai.

Yayuk Eko Agustin-Asisten I Sekkota Surabaya Bidang Pemerintahan mengatakan Festival Kalimas akan difokuskan pada tiga titik. Antara lain di Taman Skatepark & BMX, Taman Ekspresi, dan Taman Prestasi. Pembukaan akan digelar pukul 18.00 WIB di Taman Skatepark & BMX oleh Tri Rismaharini-Walikota Surabaya.

“Nanti dihiasi dengan lampion, juga dilengkapi permainan lighting,” ujarnya, Jumat (15/5/2015). Yayuk juga menjelaskan, tidak hanya lomba perahu naga di malam hari, masyarakat Kota Surabaya juga akan dihibur dengan berbagai hiburan musik di tiga titik penyelenggaraan Festival Kalimas itu.

Festival ini adalah yang pertama kali diadakan oleh Pemkot Surabaya dengan menggabungkan rangkaian kegiatan yang pernah diadakan di sungai itu. “Dulu pernah ada lomba lampion di belakang Taman Prestasi, tapi tidak terlalu terekspos,” katanya.

Lomba perahu naga yang digelar pada festival tersebut juga merupakan yang pertama kali digelar malam hari. Berbeda dari biasanya, lomba perahu naga ini diikuti peserta campuran.

Dalam satu perahu tidak hanya ada peserta laki-laki, tapi juga peserta perempuan. Uniknya, kali ini peserta tidak hanya adu cepat, mereka juga adu kostum. Setiap tim peserta diwajibkan mengenakan kostum yang menarik yang akan menjadi penilaian juri.

Festival Kalimas ini diselenggarakan dengan tujuan menghidupkan kembali sungai kebanggaan Warga Surabaya. Yayuk menjelaskan, Kalimas kini sudah sangat bersih. “Kita manfaatkan untuk wisata. Karena itulah Festival Kalimas ini dibuat,” ujarnya. (den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs