Senin, 27 Mei 2024

Butuh Jiwa Kejuangan untuk Bangun Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Mensos memberikan kuliah umum di kampus Unesa. Foto: Totok suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial Republik Indonesia mengingatkan bahwa semangat dan jiwa kejuangan wajib dimiliki anak muda termasuk para mahasiswa untuk ikut serta memajukan serta membangun bangsa dan negara.

“Tidak sekedar pintar. Tetapi memiliki kecintaan terhadap tanah air, serta terus memupuk jiwa kejuangan menjadi sangat penting dalam rangka ikut serta memajukan dan membangun negara ini. Ini yang harus dilakukan mahasiswa dalam kaitannya dengan Hari Pahlawan,” kata Khofifah.

Jangan hanya ikut-ikutan dan sekedar menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa saja. Tetapi peduli dengan lingkungan melalui berbagai kelompok maupun organisasi juga dibutuhkan mahasiswa demi memahami perkembangan masyarakatnya.

“Kepedulian terhadap masyarakat dilingkungan yang kecil maupun dalam skala besar, menjadikan mahasiswa tidak sekedar belajar. Tetapi juga peduli dengan masyarakat disekitarnya. caranya mungkin beda-beda, tetapi tujuannya adalah memajukan masyarakat. Ini sangat penting,” tukas Khofifah.

Dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Senin (9/11/2015) Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial memberikan kuliah umum dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan.

Dibagian akhir kuliahnya, Khofifah mengingatkan pentingnya mengetahui sekaligus juga mempelajari kearifan lokal yang ada dimasing-masing wilayah dalam rangka untuk memajukan dan membangun bangsa.

“Kearifan lokal itu penting. Untuk membangun bangsa dan negara, agar memiliki kepribadian maka kearifan lokal itu bisa menjadi fondasi kuat bagi pembangunan bangsa. Jangan sampai kemudian para mahasiswa kehilangan nilai-nilai kearifan lokal itu,” pungkas Khofifah.(tok/iss/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs