Kamis, 13 Mei 2021

Cegah TL Padam, Enam Genset Disiagakan Jelang Musim Hujan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Traffic Light kerap terganggu disaat musim hujan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Agar lampu traffic light (TL) jalan tetap berfungsi di saat musim penghujan mulai datang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyiagakan sedikitnya 6 unit genset yang siap dioperasionalkan, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kami selalu berupaya agar TL khususnya di jalan-jalan jalur utama kota Surabaya di saat musim hujan tidak sampai padam. Ini kami lakukan agar tidak terjadi kepadatan panjang. Dan 6 genset yang telah kami persiapkan kami harapkan bisa maksimal,” terang Joko Supriyanto Kepala Seksi Bidang Rekayasa Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Joko menegaskan pihaknya memang memprioritaskan penanganan traffic light di jalur-jalur utama Kota Surabaya agar masyarakat tidak sampai mengalami gangguan atau hambatan ketika berkendara di jalan saat musim hujan.

Jika tidak mendapat penanganan segera, dan berdampak pada kepadatan hingga kemacetan maka dapat dipastikan hal itu akan memberikan dampak pada ruas jalan lainnya di sekitaran jalur yang mengalami pemadaman listrik.

“Oleh karena itu kami prioritaskan penanganan jalur-jalur utama saat TL padam akibat listrik padam disebabkan hujan atau oleh penyebab lainnya saat musim penghujan,” tukas Joko saat ditemui suarasurabaya.net, Selasa (17/11/2015).

Meski koordinasi dengan pihak institusi terkait seperti PLN misalnya sudah dilakukan, untuk mengetahui jadwal pemadaman listrik, tetapi pihak Dishub Surabaya lebih memilih mempersiapkan perangkat pendukung agar TL tetap berfungsi di musim hujan.

Sementara itu, menurut Irvan Wahyudrajad Plt. Kepala Dishub Surabaya, persiapan terkait musim penghujan pihaknya sudah melakukannya sejak beredar kabar Surabaya bakal turun hujan beberapa waktu lalu.

“Kami langsung melakukan persiapan. Termasuk menggunakan dan mempersiapkan 6 genset itu. Kalau sewaktu-waktu nanti dibutuhkan kami bisa langsung melakukan penanganan. Ini yang kami prioritaskan,” tegas Irvan.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Kamis, 13 Mei 2021
31o
Kurs