Senin, 17 Juni 2024

Dalam Setahun Angkasa Pura Lakukan 148 Perbaikan Runway

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan

PT Angkasa Pura I mengakui, selama kurun waktu satu tahun telah melakukan perbaikan sebanyak 148 kali untuk landasan pacu atau runway yang terkelupas di Bandara Juanda.

“Selama satu tahun yaitu 2014 sudah 148 melakukan perbaikan runway yang terkelupas di Terminal Bandara Juanda,” kata Trikora Harjo General Manager PT Angkasa Pura I, dalam keterangan pers di Terminal II Bandara Juanda, Minggu (25/1/2015).

Trikora menjelaskan, banyaknya perbaikan runway maka membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar dua bulan. Proses perbaikan tersebut tentunya akan berdampak pada penerbangan yang ada di Bandara. “Ada sekitar 27 flight yang akan terganggu,” ujarnya.

Untuk itu, kata Trikora, saat ini perbaikan lebih spesifik akan dilakukan pada runway yang banyak terkelupas. “Perbaikan ini emergency, agar tidak seperti tahun lalu. Luasnya sekitar 7380 meter persegi atau dengan lebar 18 meter, panjang 410 meter yang harus dilakukan perbaikan,” kata dia.

Menurut Trikora, terkelupasnya runway tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi, serta genangan air yang ada di sekitar runway Terminal Bandara Juanda.

“Penyebanya ya musim hujan, kemudian ada kenaikan air tanah di sekitar runway. Nantinya itu akan membuat saluran di sekitar runway, agar air tidak sampai naik di runway,” kata dia. (riy/wak)

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
30o
Kurs