Kamis, 25 April 2024

Fatayat NU akan Gelar Kongres ke 15 di Surabaya

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Kongres ke 15 Pengurus Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama rencananya akan digelar di Surabaya. Surabaya mereka pilih untuk mendekatkan organisasi di bawah naungan NU itu pada kota kelahiran NU.

“Kita ingin mengenang perjuangan perempuan tangguh pendiri-pendiri Jamiyah Fatayat NU yang dulu memang didirkan di Surabaya,” kata Ida Fauziyah, Ketua Umum Fatayat NU dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (1/9/2015).

Bertajuk “Ikhtiar Perempuan NU untuk Indonesia yang berkeadaban”, kongres kali ini akan digelar di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dan berlangsung mulai tanggal 18 sampai 22 September 2015.

Ida mengatakan, Fatayat NU sengaja didirikan sebagai wadah perempuan NU untuk pembangunan yang berkeadilan gender. Karenanya, dalam rangkaian acara kongres nanti, bakal diadakan berbagai seminar dengan isu kekinian seperti kemandirian perempuan, peningkatan kualitas SDM perempuan dan pemimpin perempuan muda, penguatan ideologi aswaja perempuan dan NKRI dan peningkatan kualitas hidup perempuan serta penguatan koperasi dan UKM.

“Kami juga merespon masalah-masalah ekonomi, sosial, kesehatan, agama, hukum dan politik serta isu-isu aktual yang terkait dengan perempuan dan anak. Juga menentukan langkah-langkah strategis untuk menyikapinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kongres ini rencananya, akan dihadiri seluruh Pengurus Pimpinan Cabang Fatayat NU se Indonesia sebanyak 400 cabang dan diperkirakan akan dihadiri 1.500 orang perwakilan. Pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Fatayat NU yang ada di Malaysia, Taiwan, Hongkong dan Kairo juga akan hadir di arena Kongres.

“Menteri Agama, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja lainnya juga kami undang. Kami ingin hasil Kongres bisa menjadi masukan untuk pemerintah Jokowi-JK ke depan,” kata dia.

Selain membahas isu-isu terkini, dalam Kongres nanti, Fatayat NU akan melakukan penyempurnaan atas pelaksanaan Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT), penyempurnaan Program Fatayat NU untuk 5 tahun kedepan dan Rencana Jangka Panjang Organisasi Fatayat NU 25 tahun mendatang. Selain itu Mereka juga akan memilih dan menetapkan Ketua Umum PP Fatayat NU periode 2015-2020. (fik/ipg)

Teks Foto ;
– Pengurus Fatayat NU
Foto : Istimewa

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs