Sabtu, 4 Mei 2024

Filipina Rayakan Penundaan Eksekusi Mary Jane

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

AFP melaporkan Perayaan terhadap penundaan hukuman mati Mary Jane Veloso terlihat di Filipina.

Ibunda Mary Jane, Celia menyatakan bahwa penundaan itu adalah mukjizat Tuhan yang telah mengabulkan doa mereka.

Di kota asal Mary Jane di Cabanatuan sekitar dua jam dari Manila anggota keluarga lainnya menyatakan kelegaan mereka. “Ini merupakan mukjizat. Kami amat gembira. Puji Tuhan,” kata Imelda Magday bibi Mary Jane seperti dilansir BBC.

Sedangkan pendeta Harold Toledano -yang menjadi pendamping keluarga Mary Jane- menyatakan penundaan seperti kebangkitan kembali. “Seperti seorang anggota yang sudah meninggal, lalu dibangkitkan lagi,” katanya kepada AFP.

Penundaan dilakukan menyusul munculnya bukti baru. Seorang perempuan di Filipina menyerahkan diri, mengaku bahwa ia telah menjebak Mary Jane untuk menjadi kurir narkoba.

Diumumkan 11 jam sebelum eksekusi, penundaan itu disambut gembira di Filipina, sekalipun Jaksa Agung Republik Indonesia, Muhammad Prasetyo, memastikan bahwa ini hanya penundaan dan bukan pembatalan.

Bagaimanapun Sekretaris Kabinet Filipina, Jose Almendras, menyatakan berduka untuk mereka yang dieksekusi namun bersyukur bahwa eksekusi Mary Jane ditunda.

“Kini waktunya bagi kita untuk mengerjakan apa yang perlu dikerjakan. Departemen Kehakiman Filipina dan Kejaksaan Agung Indonesia akan bekerjasama sekuat mungkin, untuk memberantas operasi sindikat yang mengangkut narkoba antar negara dengan menggunakan kurir,” katanya. (bbc/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs