Kamis, 18 April 2024

Gerhana Matahari Berlangsung 20 Maret

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: telegraph

Gerhana matahari yang mengakibatkan kegelapan sementara di sebagian permukaan bumi, akan terjadi, Jumat (20/3/2015), pukul 08.30 waktu Inggris.

Diperkirakan, bulan akan melintas perlahan di depan matahari selama satu jam dan membutuhkan waktu sekitar satu jam lagi untuk kembali normal.

Pemandangan terbaik jika dilihat dari Inggris, terletak di pantai barat pulau Lewis, di mana 98 persen bagian matahari akan tertutup gerhana pada pukul 09:36 waktu Inggris. Selain itu, di Skye dan Orkney sekitar 97 persen bagian matahari akan tertutup. Sementara, di London gerhana maksimum akan berlangsung pukul 09.31 waktu Inggris, dengan sekitar 84 persen bagian matahari yang tertutupi bulan.

Gerhana matahari total hanya akan terlihat dari dari Kepulauan Faroe, Denmark sekitar 200 km sebelah utara Scotlandia, atau dari Skandinavia utara.

Penonton tidak diperbolehkan melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang sebab berisiko menyebabkan kerusakan mata permanen dan kebutaan. Cukup memakai kacamata khusus untuk melihat gerhana atau membuat kamera lubang jarum sederhana yang dapat memproyeksikan gambar dari matahari ke selembar kertas kosong.

Gerhana matahari kali ini adalah yang pertama sejak 15 tahun lalu. Gerhana matahari berikutnya baru akan terjadi lagi pada tanggal 12 Agustus 2026. Diprakirakan 95 persen bagian matahari akan tertutup. Sementara itu, Inggris tidak akan melihat gerhana matahari total lagi sampai 23 September 2090, demikian Telegraph. (iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs