Selasa, 30 April 2024

Gunung Raung, Jalur Pendakian Terekstrim di Pulau Jawa

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Jalur pendakian Gunung Raung. Foto : infopendaki.com

Komunitas pendaki dan pecinta alam di Jawa Timur sudah tidak asing dengan gunung ini. Punya jalur pendakian yang ekstrim dan berakhir dengan puncak yang menggetarkan hati karena suara gemuruh dan asap yang selalu keluar dari kawahnya.

Gunung Raung adalah bagian dari Pegunungan Ijen berketiggian 3.332 mdpl. Puncaknya, disebut Puncak Sejati Raung, merupakan yang tertinggi di Pegunungan Ijen, dengan ketinggian 3.344 mdpl. Selain Puncak Sejati, ada juga Puncak 17 dan Puncak Tusuk Gigi yang ada di bawah Puncak Sejati. Kaki gunung ini terbagi dalam tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Sejak 13 November 2014, status Gunung Raung sudah ditetapkan jadi Waspada dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan batas maksimal pendakian sampai 2 km sebelum puncak. Dengan peningkatan status jadi Siaga pagi ini, maka batas maksimal bertambah jadi 3 km.

Meskipun sudah ada penetapan status dan larangan mendaki, tetap saja Puncak Sejati Gunung Raung menjadi daya tarik kalangan pecinta alam. Sejumlah video pendakian di puncak Gunung Raung sudah diunggah setelah larangan itu diterbitkan.

Ada dua jalur pendakian menuju Puncak Gunung Raung, yakni lewat Desa Sumberwringin, Bondowoso dan Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Jalur dari Bondowoso hanya bisa mencapai Puncak Tusuk Gigi.

Kedua jalur itu punya tingkat kesulitan tinggi yang khas. Mengutip infopendaki.com, pendakian lewat jalur Bondowoso menuju puncak Tusuk Gigi punya track sudut tajam dengan jurang di kanan kirinya. Di track ini, tidak sedikit pendaki yang jatuh kemudian tewas.

Dari jalur Banyuwangi, mengutip pecintaalam.net, ketiga puncak Gunung Raung bisa dicapai. Yang pertama, Puncak 17 atau kerap disebut juga Puncak Bendera atau Puncak Kalibaru. Puncak ini berada di ketinggian 3.154 mdpl.

Di puncak ini mulai terlihat kegarangan Puncak Sejati Raung. Jalur ini disebut sangat memacu adrenalin dengan balutan jurang di kanan kirinya. Puncak 17 berbentuk piramid, bisanya digunakan pendaki memasangkan bendera sebagai petanda pencapaian puncak. Selain itu terlihat juga Puncak Tusuk Gigi yang terdiri dari susunan bebatuan yang lancip dan Triangulasi Puncak Sejati Raung. Dari sini jalur kepuncak sejati hanya terlihat samar.

Setelah melampaui Puncak 17, tibalah ke Puncak Tusuk Gigi. Untuk mencapainya, para pendaki menggunakan teknik rappeling untuk mencapai ke bawah. Di sana juga sudah ada beberapa anchor tanam dari besi yang ditinggalkan pendaki lain.

Terakhir, Puncak Sejati Raung bisa dicapai agak menanjak dari Puncak Tusuk Gigi. Merupakan tujuan terakhir, sekaligus puncak tertinggi di Gunung Raung. Penampilannya ditandai dengan sebuah triangulasi dan pemandangan sebuah kawah besar yang masih aktif yang setiap saat mengeluarkan asapnya. Dari bawah kawah ini sering mengeluarkan suara dengan raungan yang menggelegar. Jika anda sampai di Puncak Sejati, suara ini akan lebih keras lagi, menggetarkan nyali dan sangat menakutkan.(berbagaisumber/dwi/edy)

Teks Foto :
1. Alur Summit menuju Puncak Gunung Raung
2. Puncak Tusuk Gigi Gunung Raung
Foto : http://infopendaki.com

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs