Sabtu, 4 Mei 2024
Mulai Kenangan Gembira, Lucu, Sampai yang Sedih-Sedih

Inilah Kenangan Warga Akan Jajanan Yang Mereka Makan Tempo Dulu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Jajanan tempo dulu ternyata tetap dikenang oleh penikmat di masanya. Mereka pun mulai bernostalgia. Banyak kenangan tentang jajanan kesukaan masing-masing bermunculan kembali. Ada yang gembira, ada yang lucu, juga ada yang sedih.

Dhany Setiawan, mengaku jadi teringat masa kecil ketika membaca posting di facebook E100 tentang jajanan tempo dulu. “Masa kecil itu, pikiran bebas. Yang ada cuma maen dan jajan. Sekarang sudah dewasa, di pikiran cuma ada kerja, kerja, dan kerja,” katanya dalam komentar di facebook E100, Sabtu (14/2/2015).

Hal yang sama juga dikatakan Anna Rose Prasetyo. Ia mengaku sangat familiar dengan jajanan seperti Anak Mas dan Krip Krip. “Aku pernah makan ini semua. Kalau (beli) krip krip harganya Rp25 (sudah bisa) dapat dua bungkus. Kalau Anak Mas, (sebungkus) harganya Rp25,” ujarnya.

Namun, ada juga kenangan sedih yang diungkapkan oleh Ketut Widhiarto. Karena uang saku tidak cukup, ia seringkali hanya bisa gigit jari ketika melihat kawan-kawannya membeli wafer Superman. “Wafer superman dulu waktu kelas 1 SD itu jajan mewah. Harganya Rp75 sebiji, uang sakuku cuma Rp50. Cuma cukup buat beli tahu isi dan es lilin. Haha. benar-benar tak bisa dilupakan,” katanya.

Lain halnya dengan Pri Hati yang mengaku memiliki kenangan lucu tentang cokelat payung kesukaannya. Ia mengaku seringkali membeli dan menyimpan cokelat tersebut di tas. Maksud hati cokelat tersebut untuk bekal ketika di sekolah. Tapi, karena kelupaan memakannya, dia pun mendapati cokelat-cokelat itu sudah meleleh. “Wao, jembret,” katanya.

Kenangan tentang jajanan tempo dulu memang bermacam-macam. Mulai dari cerita gembira, sedih, ataupun yang lucu-lucu. Bahkan, para penggemar jajanan itu, meski telah lama tidak lagi mengonsumsi, sampai sekarang masih ingat bagaimana cara menikmati jajanan kesukaan. “Bungkus dibuka, cari bumbu dalam kemasan, taburkan, ” kata Julang Hse dalam komentarnya terkait cara menikmati mi kering Anak Mas, “terus dikopyok sing banter (lalu dikocok keras-keras). Haha.”

Itulah kesan-kesan para penggemar jajanan tempo dulu di masanya. Beberapa jajanan tersebut sampai sekarang ini masih bisa ditemukan lho. Seperti Hery Cecep, yang katanya, sampai sekarang masih sering membeli wafer Superman. Jajanan-jajanan ini, kalau tidak dijual di sebuah toko khusus yang bernuansa tempo dulu, juga dijual melalui online. (den/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs