Jumat, 10 Mei 2024

Mahfudz Minta Abbott Tidak Lebay

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Mahfudz Siddiq Ketua Komisi I DPR RI mengatakan Pemerintah Australia harus bijak sikapi eksekusi mati duo Bali nine, karena dalam persoalan ini murni soal penegakan hukum dalam peredaran narkoba yang sudah kritis di indonesia.

Mahfudz berharap, jangan sampai di masa pemerintahan PM Abbott justru hubungan bilateral Australia-Indonesia menjadi rusak dan terputus karena sikap berlebihan dan tidak bijak.

Sebaliknya, pihak pemerintah indonesia pun harus bijak dalam proses penegakan hukum tanpa harus demonstratif.

“Yang penting kalem tapi tegas. Jauhkan pendekatan kampanye popularitas karena ini punya sensitifitas diplomatik,” ujar Mahfuz Siddiq dalam pesan singkatnya, Rabu (4/3/2015).

Sebelumnya Tony Abbott Perdana Menteri Australia mengatakan, meski kedua terpidana mati asal Australia telah dikirim ke luar penjara Kerobokan namun ia masih berharap eksekusi keduanya akan ditangguhkan. Ia mengatakan akan terus melakukan diplomasi dengan pemerintah Indonesia terkait hal ini.

“Bahkan, dalam 11 jam (terakhir), saya berharap mungkin ada perubahan hati di Indonesia dan eksekusi mungkin akan dihentikan,” kata Abbott.

Seperti dilansir Sydney Morning Herald, Rabu (4/3/2015), Abbott mengatakan eksekusi bertentangan dengan hal baik yang telah mereka lakukan dan itu akan melawan nilai-nilai terbaik yang mereka miliki. Menurutnya, hal itu jadi poin perhatian Abbott untuk dipertimbangkan pemerintah Indonesia.

“Dua orang ini telah melakukan hal yang mengerikan, tapi kini setelah mereka berada di penjara selama sekitar satu dekade, selama itu mereka telah berubah dan telah direhabilitasi. Jadi, sekarang kedua orang ini sebenarnya membantu pemerintah Indonesia dalam memerangi kejahatan narkoba,” tambah Abbott.

Andrew Chan dan Myuran Sukumaran meninggalkan Lapas Kerobokan Bali pada pukul 07.00 pagi waktu Indonesia tengah (WITA). Keduanya diperkirakan tiba di Nusakambangan pada pukul 08.00 (WITA).

Sementara itu, di tengah ketegangan ini, sebuah delegasi bisnis Australia yang dipimpin Andrew Robb Menteri Perdagangan rencananya bulan ini diam-diam akan datang ke Indonesia. Saat ditanya komentarnya terkait kemungkinan adanya larangan para menteri Australia datang ke Indonesia setelah eksekusi, Abbott enggan mengomentari.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
28o
Kurs