Jumat, 19 April 2024

Menag Ajak Masyarakat Salat Minta Hujan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama. Foto: Antara

Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama mengajak masyarakat untuk melakukan salat meminta hujan (istisqa) di tengah rendahnya curah hujan di banyak daerah di Indonesia.

“Saya mengimbau umat Islam untuk mengadakan salat Istisqa untuk meminta turun hujan,” kata Lukman lewat keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Menag mengharapkan para ulama, pimpinan ormas Islam dan imam masjid agar berinisiatif mengajak masyarakat, khususnya umat Islam mengadakan salat Istisqa secara berjemaah.

Salat Istisqa sendiri merupakan salat sunnah dua rakaat yang dianjurkan untuk memohon turun hujan.

Salat Istisqa dilakukan dengan dua rakaat yang dilanjutkan dengan khutbah. Dalam khutbahnya, khatib akan menjelaskan tentang urgensi salat Istisqa dan kebutuhan manusia akan rahmat Allah dalam semua hal. Kemudian, khatib meminta hujan kepada Allah dengan doa yang khusyuk.

Selain umat Islam, Menag juga mengimbau umat beragama lainnya turut berdoa agar hujan segera turun dan membawa berkah bagi umat manusia.

“Saya juga mengajak seluruh umat beragama lainnya turut berdoa agar hujan segera turun dan membawa berkah”, katanya.

Musim kemarau sendiri melanda Tanah Air dan sudah memasuki bulan keenam, terhitung sejak bulan Maret lalu yang ditandai menurunnya intensitas curah hujan.

Hujan yang tak kunjung turun menyebabkan sumur penduduk mengering dan mulai mengancam lahan pertanian di beberapa wilayah di Indonesia.

Suhu panas akibat kekeringan panjang juga berdampak pada terbakarnya sebagian lahan hutan dan menyebabkan kabut asap yang mengganggu aktivitas penduduk hingga menyebabkan penyakit pernapasan.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs