Jumat, 7 Oktober 2022

Peace Walk With Muslims Kampanye Kerukunan Beragama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peace Walk With Muslims aksi damai Craig. L. Hodges warga Australia. Foto: Totok suarasurabaya.net

Craig L. Hodges inisiator aksi jalan kaki menggagas Peace Walk With Muslims, sebagai upaya meyakinkan dunia bahwa keurukunan beragama sangat penting, termasuk menyampaikan pada dunia bahwa Muslim Indonesia tidaklah radikal.

Diawali dari Bali dan dijadwalkan akan berakhir nanti di Jakarta, aksi damai dengan berjalankaki yang digagas Craig L. Hodges warga negara Australia ini merupakan sebentuk aksi atau kampanye tentang pentingnya kerukunan beragama. Dan lebih dari itu, Craig ingin menyampaikan kepada dunia bahwa Muslim Indonesia bukanlah muslim yang radikal.

“Kerukunan antara satu agama dengan agama yang lainnya adalah bagian penting dari hidup bersama dalam dunia yang satu. Keprihatinan atas perseteruan antara satu agama dengan agama yang lainnya semoga tidak terjadi lagi. Dan dengan aksi ini, semoga dunia memahami bahwa kerukunan beragama harus dilakukan. Dan Muslim di Indonesia bukanlah muslim yang radikal,” terang Craig pada suarasurabaya.net, Selasa (17/2/2015).

Setelah menempuh perjalanan dari Denpasar, Bali menuju Surabaya, Craig singgah di kampus Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya guna memulai perjalanannya untuk etape yang kedua, menuju Yogyakarta. Bersama sekurangnya 40 pejalan kaki di antaranya dosen, mahasiswa dan masyarakat umum, pria penganut Budha ini, Selasa (17/2/2015) menuju destinasi pertamanya di etape II, yaitu Makam Sunan Ampel di kawasan Ampel Surabaya.

Kepada dunia, Craig yang juga menjadi pengajar di Unitomo Surabaya, ingin menyampaikan bahwa di Indonesia berbagai macam agama dapat hidup berdampingan dengan damai. Hidup berdampingan dengan rukun. Craig dengan aksinya ini ingin mengirim pesan ke masyarakat internasional, khususnya di Barat, termasuk dinegaranya, Australia, bahwa stigma Muslim di Indonesia radikal itu sama sekali tidak benar.

“Perjalanan saya dari Bali sampai disini selama beberapa minggu ini juga membuktikan bahwa saya diterima di berbagai tempat yang saya singgahi. Saya juga pernah diterima dan dipersilakan beristirahat dibagian belakang sebuah mesjid di daerah Probolinggo,” terang laki-laki 42 tahun ini.

Sementara itu aksi Craig L. Hodges dengan berjalan kaki dari Bali menuju Jakarta ditanggapi Bahrul Amiq Rektor Unitomo Surabaya sebagai bagian mengkampanyekan perdamaian antar agama yang perlu dilakukan setiap umat beragama.

“Aksi atau kampanye ini cukup bagus. Aksi Craig dengan berjalan kaki ini memberikan bukti bahwa di negeri ini kerukunan beragama sangat terjaga. Ini sangat penting bagi pemahaman dunia,” tegas Bahrul Amiq yang melepas Craig L. Hodges bersama rombongan memasuki etape ke II dari Surabaya menuju Yogyakarta.(tok/ipg)

Teks foto:
– Craig L. Hodges kampanyekan kerukunan umat beragama dengan jalan kaki.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Jumat, 7 Oktober 2022
32o
Kurs